STRATEGI IMPLEMENTASI KURIKULUM INTI PROGRAM DIPLOMA III REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN
DOI:
https://doi.org/10.33560/jmiki.v1i2.46Abstract
ABSTRAK
Berdasarkan UU No 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dinyatakan bahwa Kurikulum pendidikan tinggi merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan ajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi. Sedangkan berdasarkan Kepmendiknas No. 045 tahun 2002 tentang Kurikulum Inti Perguruan Tinggi menyatakan bahwa kurikulum inti merupakan penciri dari kompetensi utama serta sebagai dasar untuk mencapai kompetensi lulusan. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana implementasi kurikulum inti di Program Diploma III Rekam Medis Sekolah Vokasi serta faktor yang mendukung dan menghambat dalam implementasi dan bagaimana strategi yang dilakukan.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (penelitian deskriptif kualitatif) dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Sedangkan analisis datanya dengan pendekatan induktif.
Program Diploma III Rekam Medis Sekolah Vokasi UGM telah mengimplementasikan kurikulum berdasarkan kurikulum inti yang dikeluarkan oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Nomor: HK.02.05/ I/III/2/08661/2011 Tentang Kurikulum Inti Program Pendidikan Diploma III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan sejak Tahun Ajaran 2012/2013 atau Agustus 2012. Langkah-langkah implementasi dimulai dari pemetaan kurikulum, pembenahan secara internal dan sosialisasi kepada seluruh dosen serta organisasi profesi dan stakeholder. Permasalahan terjadi terkait peralihan kurikulum serta sudah ada strategi yang diupayakan untuk mengatasi permasalahan yang ada.
Key word: implementasi, kurikulum, rekam medis