Kualitas Sistem Informasi Self Check-In di RS PON Jakarta menggunakan Webqual4.0

Authors

  • Sri Kholifatun Universitas Esa Unggul
  • Nanda Aula Rumana Universitas Esa Unggul
  • Deasy Rosmala Dewi Universitas Esa Unggul
  • Noor Yulia Universitas Esa Unggul
  • Fitria Atmojowati Rumah Sakit Pusat Otak Nasional
  • Yeni Safitri Rumah Sakit Pusat Otak Nasional

DOI:

https://doi.org/10.33560/jmiki.v10i1.391

Keywords:

Kualitas, Sistem, Webqual4.0

Abstract

Sistem self check-in dirancang khusus agar pasien dapat melakukan pencetakan SEP (Surat Egibilitas Pasien) secara mandiri. Persentase keberhasilan penggunaan self check-in telah mencapai 55,45%. Setiap pasien yang gagal melakukan check-in akan dialihkan ke pendaftaran manual. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang akan menjelaskan dan memberikan gambaran tentang hasil yang diperoleh secara lengkap tentang Kualitas Sistem Informasi self check-in di RS PON menggunakan Webqual 4.0 yang terdiri dari dimensi usability, information quality, dan interaction quality. Berdasarkan hasil didapatkan sistem self check-in dalam kategori 50% berkualitas baik dan 50% berkualitas tidak baik dengan persentase disetiap dimensi sebesar 50.7%, 64.7%,  dan 74%. Beberapa kendala dalam penggunaan sistem informasi self check-in adalah sistem yang digunakan tidak dapat melakukan sinkronisasi data dengan baik. Mulai dari kode tidak valid, NIK tidak valid, data tidak ditemukan, nama dokter yang tidak sesuai, berubahnya tanggal pemeriksaan dan tampilannya terlalu kecil.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-03-02

How to Cite

Kholifatun, S., Rumana, N. A., Dewi, D. R., Yulia, N., Atmojowati, F., & Safitri, Y. (2022). Kualitas Sistem Informasi Self Check-In di RS PON Jakarta menggunakan Webqual4.0. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 10(1), 77. https://doi.org/10.33560/jmiki.v10i1.391

Issue

Section

Artikel