Evaluasi Sistem Informasi Pengelolaan Persediaan Obat Di Apotek Indobat Pedungan

Authors

  • Retno Amelia Maharani

DOI:

https://doi.org/10.33560/jmiki.v10i2.376

Abstract

Salah satu pentingnya evaluasi sistem adalah mengurangi kehilangan data dalam sistem yang dapat menyebabkan kerugian serta meningkatkan kontrol dalam sistem untuk meminimalisir kesalahan. Di Apotek Indobat Pedungan belum pernah melakukan evaluasi tentang sistem informasi pengelolaan obat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sistem informasi pengelolaan persediaan obat di Apotek Indobat Pedungan Dengan Metode HOT Fit.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode wawancara mendalam menggunakan pedoman wawancara yang dikembangkan dari metode HOT Fit. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh petugas apotek Indobat Pedungan yaitu petugas apoteker, petugas IT dan petugas gudang farmasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis tematik (thematic analysis).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem informasi pengelolaan persediaan obat di apotek Indobat Pedungan sudah cukup baik mulai dari faktor sumber daya manusia (Human) semua petugas sudah memahami isi dan fungsi sistem informasi pengelolaan persediaan obat, dari faktor organisasi (Organization) sudah cukup baik dan mampu menjalani dengan sebaik-baiknya sehingga petugas dapat mengerjakan tugas sesuai dengan struktur organisasi yang ada, dari faktor teknologi (Technology) cukup baik meskipun terdapat beberapa data atau fitur yang harus diperbaiki demi kesempurnaan sistem di apotek, dan dari faktor manfaat (Net Benefit) sistem informasi pengelolaan persediaan obat di apotek Indobat Pedungan memiliki pengaruh positif terhadap penggunaan sistem dan kepuasan pengguna.

Dapat disimpulkan bahwa evaluasi sistem informasi pengelolaan persediaan obat di apotek Indobat Pedungan sudah cukup baik dan sudah sesuai dengan metode HOT Fit.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-04

How to Cite

Maharani, R. A. (2022). Evaluasi Sistem Informasi Pengelolaan Persediaan Obat Di Apotek Indobat Pedungan. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 10(2), 198. https://doi.org/10.33560/jmiki.v10i2.376

Issue

Section

Artikel