MODEL PEMBELAJARAN SPRM BERBASIS VISUALISASI ASSEMBLING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PRAKTIK LABORATORIUM
DOI:
https://doi.org/10.33560/jmiki.v2i1.35Abstract
ABSTRAK
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan ternyata banyak peserta didik yang tidak mampu atau kesulitan
dalam menyelesaikam kasus dan melakukan praktik dari kasus yang diberikan, padahal pada saat responsi
lancar dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan Dosen. Selain itu pada saat diterjurkan ke lahan untuk
Praktik lapangan (PL) peserta didik mengalami kebingungan. Hal ini disebabkan karena tidak adanya
demonstrasi dan ilustrasi tentang pengelolaan rekam medik secara umum di Rumah Sakit. Maka perlu adanya
perubahan tentang model pembelajaran di laboratorium yaitu dengan adanya visualisasi. Penelitian ini
bertujuan Mengetahui pembelajaran SPRM saat ini, Mengetahui prosedur pengembangan model pembelajaran
berbasis visualisasi assembling, Mengetahui efektifitas model pembelajaran yang dikembangkan dalam
pembelajaran di laboratorium.
Metode penelitian pengembangan/Research & Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan
yaitu pra pengembangan model, pengembangan model dan evaluasi model. Uji coba produk yaitu validasi
ahli materi dan ahli media, uji coba peserta didik meliputi uji coba satu-satu dan uji coba kelompok kecil
yang terdiri dari 10 anak. Jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data ahli materi, ahli
media, peserta didik. Tehnik pengumpulan data dengan cara wawancara, kuesioner dan tehnik tes. Instrumen
pengumpulan data yaitu pedoman wawancara, kuesioner dan tes. Tehnik analisis data adalah analisis data
kondisi awal, analisis data kelayakan produk menggunakan konversi skala 5 dan analisis efektifitas produk
menggunakan independent t-test.
Pembelajaran SPRM di laboratorium APIKES Mitra Husada Karanganyar antar Dosen tidak sama. Ada yang
pakai demonstrasi ada yang tidak. Skor validasi ahli materi 4,6 kategori sangat baik, validasi ahli media
4,57 kategori sangat baik, uji coba satu-satu 4,78 kategori baik, uji coba kelompok kecil 3,98 kategori baik
dengan kesimpulan layak diproduksi dengan revisi. Uji efektifitas nilai signifikasi 0,000 sehingga Ho ditolak.
Ada perbedaan rata-rata signifikasi antara kelompok yang diberi tidak diberi visualisasi dan yang diberi
visualisasi.
Kata kunci: Metode Pengembangan, SPRM, Visualisasi
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2014-03-11
How to Cite
Harjanti, .-., Joebagio, H., & Mundigdo, A. (2014). MODEL PEMBELAJARAN SPRM BERBASIS VISUALISASI ASSEMBLING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PRAKTIK LABORATORIUM. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.33560/jmiki.v2i1.35
Issue
Section
Artikel