EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SPRM BERBASIS VISUALISASI ASSEMBLING DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI

Authors

  • - Harjanti STIKes Mitra Husada Karanganyar

DOI:

https://doi.org/10.33560/jmiki.v4i1.103

Abstract

AbstractThis study aimed to the effective application of contextual learning model-based visualization SpRM assembling to increased competency. Research the type of experiment. The sample consisted of 60 students, 30 students of class A as the control group, class B 30 students as an experimental group using simple random sampling technique. Instruments practice case studies, data collection methods and testing techniques unstructured interview. Results of research effectiveness test results showed that there was an average difference of significance between students who use visualization and that does not use visualization in solving the case. Keywords: Efektitas, Contextual Learning Model, VisualizationAbstrakTujuan penelitian mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kontekstual SPRM berbasis visualisasi assembling terhadap peningkatan kompetensi. Jenis Penelitian eksperimen. Besar sampel adalah 60 mahasiswa D3 RMIK Mitra Husada Karanganyar yang terdiri dari 30 mahasiswa (klas A) sebagai kelompok control, 30 mahasiswa (klas B) sebagai kelompok eksperimen menggunakan tehnik simple random sampling. Instrumen penelitian adalah kasus praktik dengan metode pengumpulan data menggunakan tehnik tes dan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan rata-rata signifikasi antara mahasiswa yang menggunakan visualisasi dan yang tidak menggunakan visualisai dalam menyelesaikan kasus (p=0.001). Visualisasi membuat mahasiswa lebih memahami materi, mudah dalam pengerjaan kasus, membantu belajar untuk UTS dan UAS, memberikan gambaran pelaksanaan alur dokumen rekam medis di Rumah Sakit. Kata Kunci: Efektitas, Model Pembelajaran Kontekstual, Visualisasi

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-04-04

How to Cite

Harjanti, .-. (2016). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SPRM BERBASIS VISUALISASI ASSEMBLING DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.33560/jmiki.v4i1.103

Issue

Section

Artikel