Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas: Literature Review

Authors

  • Alfina Candra Listiani Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.33560/jmiki.v10i2.404

Keywords:

Kepuasan Pasien, BPJS Kesehatan, Rawat Jalan

Abstract

Ketidakpuasan pasien BPJS rawat jalan terdapat pada 5 dimensi pelayanan, ketidakpuasan pasien dapat mempengaruhi loyalitas pasien sehingga mengakibatkan menurunnya kunjungan dan rasa kepercayaan pasien terhadap fasilitas pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas berdasarkan 5 dimensi pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Literature Review dengan menganalisis 16 artikel dari Google Scholar, Portal Garuda, dan OneSearch by Perpusnas. Hasil penelitian 6 dari 16 literature atau 37,5% menunjukkan kepuasan pasien dimensi bukti fisik (tangible) ≥ 90%,  8 dari 16 literature atau 50% yang menunjukkan kepuasan pasien dimensi kehandalan (reliability) ≥ 90%, 7 dari 16 literature atau 43,75% yang menunjukkan kepuasan pasien dimensi daya tanggap (responsiveness) ≥ 90%, 7 dari 16 literature atau 43,75% yang menunjukkan kepuasan pasien dimensi jaminan (assurance) ≥ 90%, 8 dari 16 literature atau 50% yang menunjukkan kepuasan pasien dimensi empati (empathy) ≥ 90%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almochtar, J. (2017). Analisis Kepuasan Pasien Bpjs Non Pbi Di Rumah Sakit Umum Kaliwates Jember. Jember: Politeknik Negeri Jember.

Aprilliyanti & Wagiran. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ) Di Rumah Sakit Sintang. JUPERMIK (Jurnal Perekam Medis dan Informasi Kesehatan), Vol. 2, No. 2, 63-70.

Arianto, R. A. (2017). Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Bpjs Kesehatan di Puskesmas Pandak II Bantul Yogyakarta. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

Depkes RI. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Djafar, T., & Lellu, A. (2020). Persepsi Pasien BPJS Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan ‘Aisyiyah, 16 (2), 167-176.

Hidayat, M. (2018). Gambaran Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di Puskesmas Alang - Alang Lebar Tahun 2018. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Komala, A. (2016). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kom Yos Sudarso Pontianak Tahun 2015. Pontianak: Universitas Tanjungan.

Listyorini, P. I., & Rosella, L. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskesmas Gajahan Surakarta. Prosiding Nasional Seminar Manajemen Informasi Kesehatan Nasional, 1-10.

Luther, L. H., Tasman., & Mulyani, S. (2017). Hubungan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Latambaga Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka. Miracle Journal Of Public Health, Vol. 1, No. 2.

Nurhasni. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Ampibabo Kabupaten Patigi Moutong. Jurnal Katalogis, Vol. 6, No. 4, 171-181.

Ofa, S. O., Kanter, J., Tampa’i, R., & Tulandi, S. (2020). Tingkat Kepuasaan Pasien BPJS Terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Sahu. Jurnal Biofarmasetikal Tropis. 2020 3(1), 86-91.

Permana, I. G. A. S., Krisnawati, K. M. S., & Swedarma, K. A. (2020). Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Menerima Pelayanan BPJS Kesehatan di Puskesmas Blahbatuh I Gianyar. Community of Publishing in Nursing (COPING), Vol. 8, No. 3, 312-319.

Siregar, N. R., Boy, E., & Isnayanti, D. (2018). Tingkat Kepuasan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Medan Area Selatan Tahun 2017. Anatomica Medical Journal, Vol. 1, No. 2, 78-91.

Sulistyo, P. B. (2016). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS di Puskesmas Delanggu Kabupaten Klaten. Surakarta: Stikes Kusuma Husada.

Sumawijaya, M. P., Nilapsari, R., & Andarini, M. Y. (2018). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Tamansari Bandung. Prosiding Pendidikan Dokter, 406-413.

Wulan, I. G. A. S., Pertiwi, N. K. F. R., & Prasetya, M. A. (2019). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Dan Pasien Umum Terhadap Pelayanan Di Faskes Tingkat Pertama Poli Gigi Puskesmas IV Denpasar Selatan. Bali Dental Journal, Vol.3 No.2, 64-69.

Published

2022-10-04

How to Cite

Listiani, A. C. (2022). Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas: Literature Review. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 10(2), 127. https://doi.org/10.33560/jmiki.v10i2.404

Issue

Section

Artikel