OPTIMALISASI PENGGUNAAN MS EXCEL TERHADAP KEPEKAAN DATA INFORMASI KESEHATAN DI POSYANDU

Evina Widianawati(1*)
(1) Medical Records and Health Information Departement, Faculty of Health, Dian Nuswantoro University
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33560/jmiki.v8i1.261

Sari

Tumbuh kembang balita perlu dimonitoring untuk mencegah balita gizi kurang, stunting dan berbagai gangguan pertumbuhan balita yang lainnya. Ms Excel dapat dijadikan sebagai alat monitoring tumbuh kembang balita oleh kader Posyandu sehingga pencatatan, penyimpanan dan pengolahan data informasi kesehatan akan lebih mudah, akurat & analitis. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi penggunaan Ms Excel dan pengaruhnya terhadap kepekaan informasi kesehatan pada kader Posyandu. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitaif. Populasi yaitu kader posyandu dan wakil masyarakat di Desa Kedungori kecamatan Dempet Demak sebanyak 36 orang. Variabel penelitian antara lain : Kendala Penggunaan Ms Excel (X), Implementasi Penggunaan Ms Excel (Y), Kepekaan Informasi Kesehatan (Z). Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk variabel X, dan analisis regresi linier untuk variabel Y dan Z. Hasil penelitian menunjukkan kader Posyandu masih belum menggunakan Ms Excel dikarenakan tidak bisa menggunakan Excel dan implementasi penggunaan Ms Excel berpengaruh terhadap kepekaan data informasi kesehatan.

Kata Kunci


kepekaan, kesehatan, Ms Excel, penggunaan, Posyandu

Article Statistic

Sari view : 33 times
PDF views : 39 times

File PDF yang Anda pilih harus dimuat di sini jika perambah web mempunyai plugin PDF reader diinstall (sebagai contoh: versi sekarang dari Adobe Acrobat Reader).

Alternatif lain, Anda juga bisa mengunduh file PDF langsung ke komputer Anda, dan bisa dibuka dengan menggunakan PDF reader. Untuk mengunduh PDF, klik tautan Unduh di bawah ini

Jika ada membutuhkan informasi lebih lanjut tentang cara mencetak, simpan dan bekerja dengan PDF, menyediakan Highwire Press bantuan Pertanyaan yang sering diajuka mengenai PDF.

Layar Penuh Layar Penuh dimatikan

Teks Lengkap: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.