Penyerahan

Please LOGIN or REGISTER to make submission

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia (JMIKI)?

Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?

Ke registrasi

Petunjuk Penulis

PEDOMAN PENULIS
Pedoman Umum Penulis
  1. Naskah harus ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dan belum pernah diterbitkan atau tidak dalam proses pengajuan untuk publikasi ke media lain dan tidak mengandung unsur plagiarisme.
  2. Naskah berupa hasil penelitian.
  3. Penulis harus mendaftar sebagai penulis. Panduan untuk mendaftar dan menyerahkan makalah ada di bagian bawah.
  4. Naskah akan diterbitkan dalam Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia(JMIKI) setelah ditinjau oleh peer reviewer.
  5. Naskah harus disiapkan sesuai dengan pedoman dan Template penulisan yang telah ditentukan (dapat diunduh di sini).
  6. Naskah harus diketik menggunakan perangkat lunak pengolah kata (Microsoft Word atau Open Office). Font yang digunakan di seluruh kertas adalah Times New Roman. Ukuran kertas adalah A4 (mis., 210 x 297 mm), format satu kolom dengan 3 cm untuk semua margin, spasi 1,5 dan dibatasi hingga 5.000 kata (8 – 15 halaman).
Panduan Penyusunan Naskah
  1. Judul. Judul harus pendek dan informatif, tidak melebihi 12 kata, sesuai dengan masalah yang dibahas, tidak mengandung singkatan yang tidak biasa.
  2. Nama dan institusi penulis. Nama penulis harus disertai dengan lembaga penulis, alamat lembaga dan alamat email tanpa gelar akademik dan jabatan.
  3. Abstrak. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak dibuat dalam satu paragraf yang terdiri dari latar belakang, tujuan, metode penelitian, hasil, simpulan dan kata kunci (3-5 frasa).
  4. Pendahuluan. Pendahuluan harus singkat dan berurutan, latar belakang, tinjauan literatur, masalah penelitian utama dan tujuan penelitian dinyatakan pada bagian akhir pendahuluan.
  5. Metode. Metode berisi rancangan penelitian, waktu dan tempat penelitian, populasi dan sampel, cara pengumpulan data, analisis data.
  6. Hasil. Hasil penelitian harus didukung oleh data–data yang memadai dan harus menjawab tujuan penelitian.
  7. Pembahasan. Pembahasan berisi diskusi yang menghubungkan atau membandingkan antara hasil penelitian dengan teori atau hasil penelitian sebelumnya, memberikan interpretasi secara ilmiah untuk setiap hasil atau temuan yang disajikan.
  8. Simpulan. Simpulan berisi pernyataan singkat tentang hasil penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian. Simpulan tidak boleh hanya berisi pengulangan hasil dan diskusi.
  9. Daftar Pustaka. Literatur yang tercantum dalam daftar pustaka hanya berisi sumber yang dirujuk atau dimasukkan dalam artikel. Daftar Pustaka harus berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah minimum 80% dari keseluruhan daftar pustaka) yang diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Daftar pustaka ditulis dengan format American Psychological Association (APA) 6th Edition.

PANDUAN REGISTER DAN MENGIRIM ARTIKEL
Panduan Register
  1. Buka http://jmiki.aptirmik.or.id/index.php/jmiki
  2. Pada menu navigasi klik tulisan register atau daftar.
  3. Anda akan dibawa pada halaman Register. Isikan profil diri Anda pada halaman Profile tersebut (* wajib diisi):
    1. Username:tuliskan username Anda yang dipakai untuk login, boleh mengandung huruf, symbol atau angka (jangan menggunakan spasi).
    2. Password:tuliskan password yang dipakai untuk login ke website JMIKI (usahakan diingat dan dicatat).
    3. Repeat Password:ulangi sekali lagi password pada langkah sebelumnya.
    4. Validation:tuliskan karakter yang terlihat pada CAPTCHA.
    5. Salutation:isian gelar tidak wajib diisi.
    6. First Name:tuliskan nama depan Anda (wajib diisi).
    7. Middle Name:tuliskan nama tengah Anda (jika mengandung nama tengah).
    8. Last Name:tuliskan nama terakhir Anda (jika nama Anda terdiri dari satu unsur nama seperti Rohmadi, maka nama depan Anda ditulis ulang di nama terakhir menjadi Rohmadi Rohmadi)
    9. Initials:Tuliskan Inisian Anda (tidak wajib diisi).
    10. Gender:pilih jenis kelamin Anda.
    11. Affiliation:tuliskan institusi tempat Anda bertugas.
    12. Email:tuliskan alamat email yang aktif. Setiap pemberitahuan terkait status artikel Anda akan dikirimkan melalui email yang dituliskan disini.
    13. Confirm Email:tulis ulang email pada langkah sebelumnya.
    14. Confirmation: ceklis bagian ini untuk mendapatkan kiriman email mengenai username dan password.
    15. Register as: ceklis pada bagian Author (Wajib).
  4. Setelah selesai nanti akan ada notifikasi (cek di spam), jika tidak ada langsung saja coba login. Namun jika masih mengalami kegagalan login silahkan kontak admin kami WA 085742336625 atau 081804501090.
Panduan Mengirimkan Artikel/naskah pada JMIKI
Untuk bisa mengirimkan artikel pada JMIKI, penulis harus mempunyai akun terlebih dahulu sebagai penulis atau author (lihat panduan register di JMIKI). Sebelum mengirimkan artikel pastikan terlebih dahulu artikel yang akan dikirimkan sudah sesuai dengan gaya selingkung pada jurnal JMIKI (lihat template dan panduan penulisan JMIKI). Untuk mengirimkan artikel langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Kunjungi website http://jmiki.aptirmik.or.id/index.php/jmiki kemudian login berdasarkan akun yang sebelumnya sudah didaftarkan.
  2. Klik New Submission,
  3. Submission Language: pilih bahasa artikel Anda.
  4. Submission Checklist: silahkan ceklis jika artikel Anda sudah seperti yang sudah disyaratkan oleh JMIKI.
  5. Comments for the Editor: silahkan diisi jika ada pesan atau komentar untuk Tim Editor mengenai naskah tersebut. Jika sudah klik Save and Continue.
  6. Berikutnya unggah (upload) artikel Anda dengan cara klik Choose File, cari lokasi tempat penyimpanan File artikel Anda, jika sudah klik Upload.
  7. Jika berhasil Upload akan ada keterangan File Name (nama file direname dengan kode oleh system), Original File Name (nama file artikel asli Anda), File Size dan Date Uploaded.
  8. Jika sudah silhkan klik Save and Continue.
  9. Selanjutnya isi form identitas penulis atau Author. Secara default sudah terisi dengan isian waktu register, namun jika ada yang perlu diubah, bisa kita ubah dari form ini.
  10. Jika penulisnya lebih dari satu orang klik Add Author.
  11. Title and Abstract: tuliskan judul artikel dan abstraknya. Abstrak yang dituliskan adalah abstrak sesuai dengan bahasa artikelnya.
  12. Indexing (Keywords): tuliskan kata kunci abstrak tersebut, pemisah antar kata menggunakan koma (semicolon). Contoh: kode, diagnosis, ICD-10.
  13. Contributors and Supporting Agencies: tuliskan lembaga atau instansi pemberi bantuan artikel tersebut (boleh dikosongkan).
  14. References: tuliskan referensi atau Daftar Pustaka artikel tersebut.
  15. Jika sudah klik Save and Continue.
  16. Uploading Supplementary Files: jika ada lampiran (seperti gambar atau grafik dan sejenisnya) silahkan lampirkan melalui form berikut. Jika tidak ada boleh dilewat.
  17. Jika sudah klik Save and Continue.
  18. Confirming the Submission: bagian ini hanya mengecek kembali file yang sudah kita unggah. Jika sudah yakin file tersebut langsung saja klik Finish. Namun jika ada yang masih ragu silahkan bisa diulangi kembali dengan cara klik langkah 2. Upload Submission.
  19. Active Submissions: untuk memantau status artikel yang kita kirim.
Selanjutnya Anda tinggal memantau secara berkala pada Status tersebut.
  • Awaiting Assigment:menunggu editor menugaskan artikel tersebut pada Editor Bagian.
  • In Review:artikel tersebut sudah ditugaskan ke Editor dan atau ke Reviewer.
  • In Review: Revision Requiredsudah ada keputusan dari Editor bahwa artikel butuh diperbaiki, lihat panduan untuk mengunggah naskah perbaikan.
  • In Editing: artikel Anda sudah diterima dan sedang dilakukan proses Editing.

PEMBERITAHUAN HAK CIPTA
Penulis yang menerbitkan pada jurnal ini telah menyetujui persyaratan berikut:
  1. Penulis memiliki hak cipta dari artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia(JMIKI).
  2. Penulis memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi pertama dalam jurnal ini.
  3. Penulis juga memberikan hak kepada pihak ketiga mana pun untuk menggunakan artikel secara bebas selama mencantumkan penulis aslinya, rincian kutipan dan penerbit.
  4. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan atas publikasi pertama di jurnal ini.

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.

Pemberitahuan Hak Cipta

Penulis yang menerbitkan pada jurnal ini telah menyetujui persyaratan berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dari artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia(JMIKI).
  2. Penulis memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi pertama dalam jurnal ini.
  3. Penulis juga memberikan hak kepada pihak ketiga mana pun untuk menggunakan artikel secara bebas selama mencantumkan penulis aslinya, rincian kutipan dan penerbit.
  4. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan atas publikasi pertama di jurnal ini.

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

Biaya Penulis

Jurnal ini menarik biaya dari biaya penulis berikut ini.

Penyerahan artikel: 0,00 (IDR)
Penulis tidak diminta untuk membayar biaya penyerahan artikel sebagai bagian dari proses penyerahan untuk berkontribusi pada biaya review.

Penerbitan artikel: 300000,00 (IDR)
Jika naskah ini diterbitkan, Anda akan dikenakan penerbitan artikel sebesar Rp. 300.000,00