Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Layanan Telemedisin Di Jabodetabek

Authors

  • Rini Hastuti FK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33560/jmiki.v13i1.814

Abstract

Abstract

 

The development of information technology has driven the adoption of telemedicine services as an alternative in healthcare delivery. However, user satisfaction with these services remains a critical concern for service providers and stakeholders in the healthcare sector. This study aims to analyze the factors influencing user satisfaction with telemedicine services. A quantitative research approach was employed. The sample used was 149 users of telemedicine services in the Jabodetabek area. This research data was obtained from the results of filling out a questionnaire and then analyzed using multiple linear regression analysis techniques. The result indicates that in the partial test, gender, educational level and age do not affect the satisfaction of telemedicine service users significantly, while perception significantly affects the satisfaction of telemedicine service users in Jabodetabek. In the simultaneous test, gender, educational level, age and perception significantly affect the satisfaction of telemedicine service users in Jabodetabek.

 

Keywords: age, educational level, gender, perception, satisfaction of telemedicine service users

 

Abstrak

 

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong munculnya layanan telemedisin sebagai alternatif dalam pemberian layanan kesehatan. Namun, kepuasan pengguna terhadap layanan ini tetap menjadi perhatian penting bagi penyedia layanan dan pemangku kepentingan di sektor layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna layanan telemedisin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah pengguna layanan telemedisin di wilayah Jabodetabek yang berjumlah 149 orang. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian kuesioner kemudian dilakukan analisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji parsial, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan usia tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna layanan telemedisin di Jabodetabek, sedangkan persepsi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna layanan telemedisin di Jabodetabek. Pada uji simultan, jenis kelamin, tingkat pendidikan, usia dan persepsi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna layanan telemedisin di Jabodetabek.

 

Kata kunci: jenis kelamin, kepuasan pengguna layanan telemedisin, persepsi, tingkat pendidikan, usia

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Hastuti, R. (2025). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Layanan Telemedisin Di Jabodetabek. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 13(1). https://doi.org/10.33560/jmiki.v13i1.814

Issue

Section

Artikel