Analisis Hambatan Implementasi Telemedicine dengan Metode UTAUT di RSU Queen Latifa Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.33560/jmiki.v13i1.712Keywords:
Hambatan, Telemedicine, UTAUTAbstract
Analisis hambatan implementasi telemedicine menggunakan metode UTAUT penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan teknologi. Dengan menganalisis hambatan seperti ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan kondisi fasilitasi, minat perilsku dan perilaku pengguna pemangku kepentingan dapat mengatasi kendala dan merencanakan strategi yang efektif untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan, terutama di daerah terpencil atau bagi mereka dengan keterbatasan mobilitas. Tujuan Penelitian ini adalah mengeksplorasi analisis hambatan terkait implementasi telemedicine dengan metode UTAUT di RSU Queen Latifa Yogyakarta. Metode deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus, menggunakan wawancara semi terstruktur terhadap 6 orang informan, analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil dari penelitian ini yaitu, dalam performance expectancy terdapat hambatan yaitu kualitas gambar rendah, kriteria pengambilan gambar, pelayanan konsultasi/edukasi, kendala komunikasi, kendala penegakan diagnosis dan kendala pemberian terapi. Dalam effort expectancy tidak terdapat hambatan melainkan kemudahan aplikasi konsutasi zoom dan whatsapp call. Dalam social influence tidak terdapat hambatan melainkan dukungan interprofesional kesehatan dan dukungan manajerial. Pada facilitating condition yaitu, kendala kinerja sistem, kendala infrastruktur, penegeluaran biaya, promosi terbatas, kendala pelatihan, belum ada regulasi, akses layanan, belum tercover asuransi dan kendala jadwal konsultasi. Pada behavioral intention yaitu minat petugas rendah, resistensi petugas dan resistensi pasien. Pada use behavior yaitu pengalaman petugas rendah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah implemtasi telemedicine di RSU Queen Latifa Yogyakarta masih menghadapi banyak hambatan berdasarkan variabel-variabel UTAUT
Downloads
References
Anggoro, T. P., Nurwahyuni, A., Telkom, Y. K., Masyarakat, F. K., Indonesia, U., Kesehatan, K., Balik, P. R., & Kronis, P. (2022). Penerapan Telemedicine untuk Program Rujuk Balik Jaminan Kesehatan Nasional di Masa Pandemi Covid - 19 Media Karya Kesehatan?: Volume 5 No 2 November 2022 Pemenrintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Ra. 5(2), 15.
Anthony Jnr, B. (2020). Use of Telemedicine and Virtual Care for Remote Treatment in Response to COVID-19 Pandemic. Journal of Medical Systems, 44(7), 5. http://link.springer.com/10.1007/s10916-020-01596-5
Ariyanti, S., & Kautsarina, K. (2019). Kajian Tekno-Ekonomi pada Telehealth di Indonesia [Techno-Economic Study on Telehealth in Indonesia]. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 15(1), 4. https://doi.org/10.17933/bpostel.2017.150104
Bakhtiar, H. S. (2022). Dikotomi Eksistensi Telemedicine bagi Masyarakat Terpencil. Jurnal Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa …, 3(2), 11. https://journal.ugm.ac.id/paradigma/article/view/79461
Chowdhury, A., Hafeez-Baig, A., Gururajan, R., McCubbin, A., & Sharif, M. A. (2019). Image quality in Telehealth: Challenges in Developing Countries. ResearchSquare, 8. https://doi.org/10.21203/rs.2.19114
Dinata, F., & Antonio, F. (2024). Anteseden dari Virtual Organizational Commitment dan Dampaknya Terhadap Virtual Care Performance (Studi pada Platform Telemedicine XYZ di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 11(1), 744–765.
Farhany, F. F., Lutfan Lazuardi, & Dewi Ratmasari. (2022). Evaluasi Penggunaan Telemedisin Pada Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Akademik Ugm Saat Pandemi Covid-19 Dengan Metode Hot-Fit. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management), 25(4), 125–136. https://doi.org/10.22146/jmpk.v25i4.6111
Febrizhya Abigael, N., & Ernawaty. (2020). Pengukuran Kesiapan Tenaga Kesehatan dalam Menerima Telehealth atau Telemedicine antara Negara Maju dan Negara Berkembang. Jurnal Kesehatan, 11(2), 303. http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK
Firda Amalia, K., Hendryanny, E., & Garna, H. (2022). Hambatan Penerapan Telemedicine di Indonesia. Bandung Conference Series: Medical Science., 2, 5. https://doi.org/10.29313/bcsms.v2i1.1287
Haleem, A., Javaid, M., Singh, R. P., & Suman, R. (2021). Telemedicine for healthcare: Capabilities, features, barriers, and applications. Sensors International, 2, 4. https://doi.org/10.1016/j.sintl.2021.100117
Handayani, A., & Arif, Z. (2021). Penggunaan Zoom Meeting Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 164 Jakarta. Jurnal Tadarus Tarbawy, 3(2), 3.
Hasibuan, A. K., & Nurhidayah, R. E. (2023). Efektifitas Nursing Telehealth dalam Memberikan Asuhan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal) Efektifitas, 8, 18.
Houser, S. H., Flite, C. A., & Foster, S. L. (2023). Privacy and Security Risk Factors Related to Telehealth Services. Perspectives in Health Information Management, 20(1), 4.
Krenitsky, N. M., Spiegelman, J., Sutton, D., Syeda, S., & Moroz, L. (2020). Primed for a Pandemic: Implementation of Telehealth Outpatient Monitoring for Women with Mild COVID-19. Seminars in Perinatology, 44(7), 151285. https://doi.org/10.1016/j.semperi.2020.151285
Lestyoningsih, I. H. (2021). Impementasi Kebijkan Pelayanan Kesehatan melalui Telemedicine dimasa Pandemi. 6, 4.
Martiraz, Y., Wibowo, A., & Fauzia, A. (2022). Systematic Review?: Efektivitas Telemedicine pada Pelayanan Antenatal di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(02), 111–118. https://doi.org/10.33221/jikm.v11i02.1256
Molly, R., & Itaar, M. (2021). Analisis Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Pada RRSUD DOK II Jayapura. Journal of Software Engineering Ampera, 2(2), 11. https://doi.org/10.51519/journalsea.v2i2.127
Monaghesh, E., & Hajizadeh, A. (2020). the Role of Helehealth During COVID-19 Outbreak: A Systematic Review Based on Current Evidence. BMC Public Health, 20(1), 2–9. https://doi.org/10.1186/s12889-020-09301-4
Nannyk Widyaningrum, Muhlizardy Muhlizardy, Viviana Rahmawati, & Retno Tri Utami. (2024). Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Penggunaan Telemedicine di Dusun Peron. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 3(1), 15. https://doi.org/10.55606/klinik.v3i1.2773
Napitupulu, D., Yacub, R., & Putra, A. H. P. K. (2021). Factor Influencing of Telehealth Acceptance During COVID-19 Outbreak: Extending UTAUT Model. International Journal of Intelligent Engineering and Systems, 14(3), 12. https://doi.org/10.22266/ijies2021.0630.23
Nittari, G., Khuman, R., Baldoni, S., Pallotta, G., Battineni, G., Sirignano, A., Amenta, F., & Ricci, G. (2020). Telemedicine Practice: Review of the Current Ethical and Legal Challenges. Telemedicine and E-Health, 26(12), 5. https://doi.org/10.1089/tmj.2019.0158
Nugraha Detriawan, H. (2023). Usia dan Kepercayaan Berkorelasi dengan Kepuasan terhadap Telemedicine pada Konsumen Usia 18-49 Tahun. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 3. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/download/1186/1116
Puspa, C. D., Suwandi, Verdiana, C., Derifisharity, F., Ramadhani, I. T., Ayu, N. M. D., Fauzi, R. A., & Fatimah, S. F. (2020). Rencana Pengembangan Bisnis Kesehatan ( Studi Pada Rumah Sakit XYZ ). Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry, 3(2), 41–48.
Puspita, M. E., Badriah, D. L., Mamlukah, & Febriani, E. (2023a). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Ketersediaan Layanan Telemedicine di Rumah Sakit. Journal of Midwifery and Health Administration Research, 3(1), 6.
Puspita, M. E., Badriah, D. L., Mamlukah, M., & Febriani, E. (2023b). Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Ketersediaan Layanan Telemedicine di Rumah Sakit se-Kabupaten Kuningan 2022. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 14(11), 156. https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i01.747
Rahman, B., Prawitasari, A. P., Setiawan, Y. A., Wijaya, L., & Wijaya, L. (2024). Telemedicine Application Adoption During the COVID-19 Pandemic?: The Lens of the UTAUT Framework Model. 2(1), 7. https://doi.org/10.61098/jarcis.v2i1.148
Rossi, F., Jannah, S. N., & Yuliana, M. E. (2023). Pelayanan Konsultasi Dokter secara Online Menggunakan Video Call WhatApp di Klinik Amanah Medika. Jurnal E- Proceeding Senriabadi, 3(12), 3.
Safira, V. W., & Sari, T. P. (2020). Evaluasi Penggunaan Pendaftaran Online dengan Metode UTAUT di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Journal of Hospital Management and Heakth Sciences, 1, 25.
Sari, G. G., & Wirman, W. (2021). Telemedicine sebagai Media Konsultasi Kesehatan di Masa Pandemic COVID 19 di Indonesia. Jurnal Komunikasi, 15(1), 9. https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i1.10181
Shafly, N. A. (2019). Penerapan Model UTAUT2 untuk Menjelaskan Behavioral Intention dan Use Behavior Penggunaan Mobile Banking di Kota Malang. ABA Bank Marketing, 41(5), 4.
Tan, A. J. Q., Rusli, K. D. B., McKenna, L., Tan, L. L. C., & Liaw, S. Y. (2024). Telemedicine experiences and perspectives of healthcare providers in long-term care: A scoping review. Journal of Telemedicine and Telecare, 30(2), 2. https://doi.org/10.1177/1357633X211049206
Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance Of Information Technology: Toward A Unified View. Mis Quaerterlyuaerterly, 27(3), 24. https://doi.org/10.1016/j.inoche.2016.03.015
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tika Sari Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.