Hubungan Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS di Instalasi Rawat Inap Kelas III di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan Tahun 2023
DOI:
https://doi.org/10.33560/jmiki.v12i2.643Abstract
Mutu pelayanan kesehatan merupakan kesempurnaan pelayanan yang sesuai dengan standar profesi dan standar pelayanan kesehatan, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pasien yang datang berobat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan BPJS kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS di Instalasi Rawat Inap kelas III di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan Tahun 2023. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis analitik korelasi dengan pendekatan Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien peserta BPJS Kesehatan rawat inap kelas III di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan sebanyak 4.325 orang. Berdasarkan hasil perhitungan sampel menggunakan rumus slovin, sampel yang akan diteliti sebanyak 98 responden. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang dibuat oleh peneliti berdasarkan teori Tjiptono (2017). Data dianalisis dengan analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian diperoleh kehandalan (p-value= 0,01), jaminan (p-value = 0,00), bukti fisik (p-value = 0,00), empati (p-value = 0,04), daya tanggap (p-value =0,02). Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan mutu pelayanan BPJS Kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS di Instalasi Rawat Inap Kelas III di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan Tahun 2023.
Mutu pelayanan kesehatan merupakan kesempurnaan pelayanan yang sesuai dengan standar profesi dan standar pelayanan kesehatan, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pasien yang datang berobat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan BPJS kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS di Instalasi Rawat Inap kelas III di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan Tahun 2023. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis analitik korelasi dengan pendekatan Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien peserta BPJS Kesehatan rawat inap kelas III di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan sebanyak 4.325 orang. Berdasarkan hasil perhitungan sampel menggunakan rumus slovin, sampel yang akan diteliti sebanyak 98 responden. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang dibuat oleh peneliti berdasarkan teori Tjiptono (2017). Data dianalisis dengan analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian diperoleh kehandalan (p-value= 0,01), jaminan (p-value = 0,00), bukti fisik (p-value = 0,00), empati (p-value = 0,04), daya tanggap (p-value =0,02). Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan mutu pelayanan BPJS Kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS di Instalasi Rawat Inap Kelas III di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan Tahun 2023.
Downloads
References
A.Parasuraman. (2014). The behaviorial Consequenses of service Quality (P. Hall (ed.); New Jersey).
Arikhman, Dkk. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Rawat Inap Dengan Kepuasan Peserta Bpjs Kesehatan. 13(Desember), 193–200
Fandy, T. (2017). Strategi Pemasaran (Andi (Ed.); 4th ed)
Fernandes, N. V., & Nurvita, S. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Kota Lospalos Tahun 2022 Manajemen Informasi Kesehatan , Universitas Nasional Karangturi Email?: nintorio140@gmail.com. 2(2), 17–28.
Hartati. (2020). Analisis Mutu Pelayanan Dalam Rangka Peningkatan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di RSU Muhammadiyah. Jurnal Mitra Manajemen, 4(4).
Herlambang, S. (n.d.). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit (2016th ed.). Gosyen Publishing.
Junistian, H. H. (2018). Hubungan Mutu Pelayanana BPJS Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Rawat Inap Kelas III Di RSUD Dr. Soeratno Gemolong. 1–23.
Menkes, RI. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta Departemen Kesahatan Republik Indonesia.
Muninjaya, A.G. (2018 ). Manajemen mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Natassa, J., & Dwijayanti, S. S. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Di Unit Rawat Inap RSUD Tengku Rafi’an Kabupaten Siak. Jurnal Kesehatan, 8(2), 14.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursallam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis (4th ed.). Jakarta: Salemba Medika.
Simalango, A. (2019). Pasien Bpjs Rawat Inap Di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2019. 2(1), 71–78.
Perpres. (2020). Perpres nomor 64 Tahun 2020 merupakan tentang perubahan kedua atas peraturan presiden nomor 82 tahun 2018 tentang jaminan kesehatan.
Sulaiman, Angriani, F. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Di Rumah Sakit. 1, 1–12.
Suheri parulian gultom & Sisca anggraini. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Bpjs Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 2(1), 207–218.
T.Alamsyah. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Citra Husada Sigli. 3(1), 112–118.
Taekab, A. S. (2019). Analisis Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas Dan Hubungannya Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Walantakan Kecamatan Lawongan Utara.
Undang Undang No.24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). (2011).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Miftahurrizky Siregar, Zulham Andi Ritonga, Valentina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.