Ketidaksesuaian Kode Diagnosis ICD-10 Pada Pending Klaim Bpjs Rawat Jalan Di Rsud Krt. Setjonegoro Wonosobo
DOI:
https://doi.org/10.33560/jmiki.v12i2.626Keywords:
BPJS, ICD-10, Pending klaim, rawat jalanAbstract
Klaim BPJS Kesehatan adalah pengajuan biaya perawatan pasien peserta BPJS oleh pihak rumah sakit kepada pihak BPJS Kesehatan yang dilakukan setiap bulannya. Setelah itu BPJS Kesehatan akan melakukan persetujuan klaim dan melakukan pembayaran untuk berkas yang layak, namun untuk berkas yang mengalami pending klaim harus dikembalikan ke rumah sakit untuk diperiksa kembali. Pending klaim pada rawat jalan di RSUD KRT. Setjonegoro Wonosobo terjadi karena berbagai faktor, salah satunya karena adanya perbedaan kode diagnosis ICD-10 antara rumah sakit dengan verifikator BPJS berkas pending klaim memerlukan koreksi kembali terutama pada kode diagnosis. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan permasalahan pending klaim karena ketidaksesuaian kode diagnosis pada ICD-10.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di RSUD KRT. Sejonegoro Wonosobo pada bulan Juni. Hasilnya adalah adanya perbedaan konsep penentuan diagnosis antara petugas koder dengan verifikator BPJS, kode diagnosis yang dibuat koder belum sesuai dengan keputusan diagnosis verifikator BPJS. Adanya perbedaan persepsi antara koder dan verifikator BPJS terkait penegakan diagnosis koder harus selalu mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 76 Tahun 2016 tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups (INA-CBG).
Downloads
References
Pardede, R., Edison, E., & Hamama, L. (2021, February). Analisis Validasi Resume Medis Dan Kode Diagnosis Klaim Bpjs Rawat Inap Di Rsup Dr. M. Djamil Padang. In Prosiding Seminar Nasional Stikes Syedza Saintika (Vol. 1, No. 1).
Maimun, N., & Rifqi, R. (2020). Faktor-Faktor Keterlambatan Proses Pelayanan Klaim Asuransi (BPJS) Di Rumah Sakit Bersalin Annisa Pekanbaru. Jurnal Kesehatan Komunitas, 6(2), 188-193.
Rohman, H., Wintolo, A., & Susilowati, E. (2021). Analisis Penundaan Pembayaran Klaim Pada Sistem Vedika Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Di Rumah Sakit Nur Hidayah Yogyakarta. Jurnal Wiyata: Penelitian Sains dan Kesehatan, 8(1), 72-83.
Alvianitasari, E. F., Jati, S. P., & Fatmasari, E. Y. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Sistem Verifikasi di Kantor (Vedika) BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum William Booth Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 6(4), 10-17.
Pulpilasari, B., Sudiro, S., & Harahap, J. (2022). Analisis Perbedaan Kode Diagnosis Icd-10 antara Rumah Sakit dengan Verifikator Bpjs Kesehatan. Jurnal Keperawatan Priority, 5(2), 25-36.
Nabila, S. F., Santi, M. W., Tabrani, Y., & Deharja, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim Akibat Koding Berkas Rekam Medis Pasien Rawat Inap Di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. J-REMI: Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, 1(4), 519-528.
Oktamianiza, O., Reza, I. A., & Novita, D. (2022). Tinjauan Ketepatan Kode dengan Pending Klaim Pasien Rawat Inap BPJS Kesehatan. Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, 5(1), 37-46.
Agiwahyuanto, F., Anjani, S., & Stacey, S. C. (2021). Tinjauan Penyebab Pengembalian Berkas Klaim Bpjs Kesehatan Instalasi Rawat Jalan Kasus Fisioterapi. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 9(3), 551-569.
Nuraini, N. (2018). Analisis Sistem Penyelenggaraan Rekam Medis di Instalasi Rekam Medis RS “X” Tangerang Periode April-Mei 2015. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 1(3).
Puspaningsih, M., Suryawati, C., & Arso, S. P. (2022). Evaluasi Administrasi Klaim BPJS Kesehatan dalam Menurunkan Klaim Pending. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(6), 7055-7064.
Nomeni, H. E., Sirait, R. W., & Kenjam, Y. (2020). Faktor Penyebab Keterlambatan Pengajuan Klaim Pasien BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Soe. Media Kesehatan Masyarakat, 2(2), 1-14.
Sulaimana, A., Meliala, A., & Hendrartini, J. (2017). Pengembalian Berkas Klaim Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management), 22(1).
Valentina, V., & Halawa, M. N. S. (2018). Analisis Penyebab Unclaimed Berkas BPJS Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia (RSU IPI) Medan. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 3(2), 480-485.
Ariyanti, F., & Gifari, M. T. (2019). Analisis Persetujuan Klaim BPJS Kesehatan pada Pasien Rawat Inap. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 8(04), 156-166.
Wariyanti, A. S., Sri Sugiarsi, S. K. M., & Yuli Kusumawati, S. K. M. (2014). Hubungan antara kelengkapan informasi medis dengan keakuratan kode diagnosis pada dokumen rekam medis rawat inap di rumah sakit umum daerah kabupaten karanganyar tahun 2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 nurul afifah nurul afifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.