Perancangan Sistem Informasi Pengukuran Kebugaran Jasmani (E-BUGAR) Kementerian Kesehatan RI
DOI:
https://doi.org/10.33560/jmiki.v8i1.257Keywords:
kebugaran jasmani, perancangan, sistem informasi, prototypingAbstract Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu dari sepuluh faktor risiko utama kematian. Terlebih lagi, orang yang tidak aktif secara fisik akan membebani masyarakat melalui biaya perawatan medis yang terus meningkat serta hilangnya produktivitas yang bersangkutan. Dewasa ini, fenomena kegiatan aktivitas fisik yang rendah juga terjadi di Indonesia. Ternyata hal serupa terjadi pula di kalangan pegawai Kementerian Kesehatan yang seharusnya menjadi pelopor pelaksanaan aktivitas fisik. Mempelajari kondisi demikian maka penelitian ini akan mengusulkan suatu model aplikasi berbasis mobile android. Â Tujuan dari penelitian ini agar pegawai Kementerian Kesehatan termotivasi untuk berpartisipasi pada pengukuran kebugaran dan selanjutnya menjadi aktif melakukan aktivitas fisik. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah prototyping. Hasil penelitian ini berupa rancangan sistem informasi pengukuran kebugaran jasmani Kementerian Kesehatan yang berisi informasi pemeriksaan fisik, pengukuran kebugaran menggunakan metode rockport dan pemeriksaan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga.
Downloads
References
Buana Tunggang Dewi T, Marthasari GI, Risqiwati D. Rancang Bangun Dan Implementasi Website E-Commerce UKM GS4 Malang Menggunakan Metode Prototyping. Jurnal Universitas Muhammadiya. Malang. 2017;1–10.
Budiman I, Aprijana I, Iskandar D. Penggunaan Tes Lapangan 1,6 KM Metoda Rockport Untuk Pengukuran Kebugaran Jantung-Paru Dengan Baku Emas Treadmill Metoda Bruce. Jurnal Sains Keolahragaan dan Kesehatan. Bandung. 2017; 2(2):38.
Hozisah D. Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Antenatal Terpadu ( SIPAT ). Jurnal MKMI. Makassar. 2015; (September):189–96.
Joanda AD, Priyandari Y, Zakaria R. Perancangan Sistem Informasi Manajemen Layanan Jasa Teknologi dan Kerjasama di Lembaga DEF. Jurnal Sistem Informasi. Surakarta. 2014; 10(2).
Kementerian Kesehatan. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta. 2018.
Lichter H, Schneider-Hufschmidt M, Zullighoven H. Prototyping in Industrial Software Projects-Bridging the Gap Between Theory and Practice. IEEE Trans Softw Eng. 1994; 20(11):825–32.
Mustika, E. Sugara, M. Pratiwi. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika. Palembang. 2017; 2(2):121 - 126.
Nugraha W, Syarif M. Penerapan Metode Prototype dalam Perancangan Sistem Informasi Penghitungan Volume dan Cost Penjualan Minuman Berbasis Website. Jurnal Sistem Informasi Musirawas. Lubuklinggau. 2018; 3(2).
Pressman RS. Software Quality Engineering: A Practitioner’s Approach. New York. 2014. 1–193.
Susanto R, Andriana AD. Perbandingan Model Waterfall dan Prototyping untuk Pengembangan Sistem Informasi.
Jurnal Majalah Ilmiah UNIKOM. 2016; 14(1).WHO. A Public Health Approach to Mental Health. 2001. [Diakses 13
Oktober 2019]. Available at: http://www.who.int/whr/2001/en/whr01_ch1_en.pdf
WHO. Global Action Plan on Physical Activity 2018 - 2030. 2018. Switzerland.