Pengaruh Citra Rumah Sakit, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien BPJS Rawat Inap
DOI:
https://doi.org/10.33560/jmiki.v11i1.525Keywords:
Citra rumah sakit, kepuasan pasien, loyalitas pasienAbstract
Rumah sakit sebagai institusi yang bergerak di bidang jasa dimana pelayanannya merupakan tolok ukur penilaian kinerja. Salah satu tolok ukurnya adalah kualitas pelayanan yang diterima oleh pasien dari sebuah rumah sakit, oleh sebab itu sudah menjadi kewajiban pihak manajemen rumah sakit untuk menjaga hubungan baik dengan pasien untuk menciptakan sebuah nilai kepuasan yang maksimal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk menganalisis secara empiris pengaruh variable independent yaitu Citra Rumah Sakit dan Kualitas pelayanan terhadap variabel independen yaitu kepuasan pasien dan loyalitas pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima, yakni 1) Citra berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS Rawat Inap Di RSUD X. 2) Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS Rawat Inap Di RSUD X. 3) Citra berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien BPJS Rawat Inap Di RSUD X. 4) Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien BPJS Rawat Inap Di RSUD X. 5) Kepuasan pasien berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien BPJS Rawat Inap Di RSUD X. 6) Citra berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan pasien BPJS Rawat Inap Di RSUD X.7) Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan pasien BPJS Rawat Inap Di RSUD X.
Downloads
References
Abzalov, M. (2016). Exploratory data analysis. In Modern Approaches in Solid Earth Sciences (1st ed.). Macmillan Publishing Co., Inc. https://doi.org/10.1007/978-3-319-39264-6_15
Djohar, D., Oktavia, N., & Damayanti, F. T. (2018). Analisis Penyebab Terjadinya Missfile Dokumen Rekam Medis Rawat Jalan di Ruang Penyimpanan(Filling) RSUD Kota Bengkulu Tahun 2017. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 79. https://doi.org/10.33560/.v6i2.190
Fischhoff, B., & Broomell, S. B. (2020). Judgment and decision making. In Annual Review of Psychology. SCITEPRESS. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-010419-050747
Gutama, H. K., Narto, & Sudarso, I. (2014). Upaya Peningkatan Penjualan dengan Pendekatan Metode Quality dan Focus Group Discussion pada Kafe House of Padmaning Surabaya. Prosiding SNST Ke-5 Tahun 2014 Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang 17, 2011, 17–22.
Karlina, D., Putri, I. A., & Santoso, D. B. (2016). Kejadian Misfile dan Duplikasi Berkas Rekam Medis Sebagai Pemicu Ketidaksinambungan Data Rekam Medis. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(1), 44. https://doi.org/10.22146/jkesvo.27477
Kuntoro, W., & Istiono, W. (2017). Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1), 140. https://doi.org/10.22146/jkesvo.30327
Mardyawati, E., & Akhmadi, A. (2016). Pelaksanaan Sistem Penyimpanan Rekam Medis Family Folder di Puskesmas Bayan Lombok Utara. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(1), 27. https://doi.org/10.22146/jkesvo.27474
Miles, & Hubernasn. (1992). Analysis of qualitative data (terj). Press Library.
Nindyakinanti, R., & Budi, S. C. (2017). Sistem Penyimpanan dan Pemrosesan Rekam Medis Terkait Standar Akreditasi Kriteria 8.4.3 di Puskesmas Jetis 1 Bantul. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2), 94. https://doi.org/10.22146/jkesvo.27575
Rahmadiliyani, N., & Faizal, F. (2018). KERAHASIAAN REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT AVECIENA MEDIKA MARTAPURA. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 69. https://doi.org/10.33560/.v6i2.189
Rahmawati, A. I., & Rokhman, N. (2017). Pengembangan Output Sistem Perhitungan Angka Kredit Petugas Rekam Medis di RSUD Kabupaten Karanganyar. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2), 87. https://doi.org/10.22146/jkesvo.27574
Rakhmawati, F., & Rustiyanto, E. (2016). Analisis Kebutuhan Petugas Rekam Medis Berdasarkan Beban Kerja di Instalasi Rekam Medis RS Aisyiah Muntilan. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(1), 1. https://doi.org/10.22146/jkesvo.27446
Roger, D. G. (2013). Religion Multicultural Effect of Pandemic COVID-19 at France. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Suryaningrat, Dani, (2018). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITASPASIEN MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABELINTERVENINGDALAM PELAYANAN KESEHATAN (STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT YARSI PONTIANAK). Jurnal ilmiah Ibnu sina, 3(1), 115-124
Silalahi, R., & Sinaga, E. J. (2019). Perencanaan Implementasi Rekam Medis Elektronik Dalam Pengelolaan Unit Rekam Medis Klinik Pratama Romana. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 7(1), 22. https://doi.org/10.33560/jmiki.v7i1.219
Suhartina, I. (2019). Analisis Kuantitatif Ketidaklengkapan Pengisian Resume Medis Berdasarkan Program Quality Assurance (Suatu Studi di Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo). Jurnal Kesehatan Vokasional, 4(2), 80. https://doi.org/10.22146/jkesvo.43948
Syairaji, M., Rokhman, N., & Nuryati, N. (2017). Implementasi Paradigma Pendidikan Vokasional pada Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Universitas Gadjah Mada. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1), 129. https://doi.org/10.22146/jkesvo.30325
Talib, T. (2018). ANALISIS BEBAN KERJA TENAGA FILING REKAM MEDIS (STUDI KASUS RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK BAHAGIA MAKASSAR). Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 123. https://doi.org/10.33560/.v6i2.196
Yunus, R. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah (Kasus Pelayanan IMB pada KPTSA Kabupaten Bone). Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2), 113–125. https://doi.org/10.26618/ojip.v1i2.28