Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Rawat Inap Di Rsud Besuki Berbasis Website

Authors

  • Liana Ulfa Politeknik Negeri Jember
  • Andri Permana Wicaksono Politeknik Negeri Jember
  • Sustin Farlinda Politeknik Negeri Jember
  • Muhammad Yunus Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.33560/jmiki.v11i1.449

Keywords:

Sistem Informasi, Rawat Inap, Prototype

Abstract

Teknologi informasi dapat digunakan untuk memudahkan kegiatan dan mendapatkan keungulan dalam persaingan. RSUD Besuki mengalami permasalahan pada pelaporan sensus rawat inap dan sistem farmasi yang tidak terintegrsi dengan SIMRS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sistem informasi rawat inap di RSUD Besuki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik wawancara, observasi dan brainstorming. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengembang perangkat lunak prototype yang terdiri dari analisis kebutuhan, pembuatan prototype, evaluasi prototype, pengkodean sistem dan pengujian sistem. Teknik pengujian sistem yang digunakan adalah teknik black box. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi rawat inap yang sesuai dengan kebutuhan user yang dapat memudahkan dalam pengoalahan data rawat inap sehingga mendapatkan laporan sensus harian rawat inap dan memudahkan pelaporan untuk farmasi. Pada sistem ini terdapat menu terkait pasien masuk rumah sakit, pasien pindah, pasien dipindahkan, pasien keluar rumah sakit, pasien meninggal, hasil perhitungan indikator rumah sakit serta penggunaan obat yang digunakan pada rawat inap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementerian Kesehatan (2017) Peraturan Menteri Kesehatan tentang Akreditasi Rumah Sakit. Jakarta. Lestari, D. F. A., Wicaksono, A. P. and Deharja, A. (2020) ‘Tinjau Faktor Ketidaktepatan Waktu Pengembalian Sensus Harian Rawat Inap di RSUP DR. Soeradji Tirtonegoro Tahun 2020’, Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(3), pp. 374–380. M Shalahuddin, A. R. (2013) Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung. Menteri Kesehatan (2008) Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta. Ramdani, Herdiawan, H. A. (2018) ‘Perancangan Sistem Informasi Sensus Harian Rawat Inap di Rumah Sakit Bhayangkara Mataram’, Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 6N, pp. 157–68. Widyastuti, Hayu Ning, Andri Permana Wicaksono, Sustin Farlinda, E. R. (2020) ‘Sistem Informasi Peminjaman dan Pengembalian Rekam Medis dengan Barcode dan Notifikasi Whatsapp di Rumah Sakit Wijaya Kusuma Lumajang’, J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 2, pp. 61–76.

Published

2023-03-17

How to Cite

Ulfa, L., Wicaksono, A. P., Farlinda, S., & Yunus, M. (2023). Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Rawat Inap Di Rsud Besuki Berbasis Website. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 11(1). https://doi.org/10.33560/jmiki.v11i1.449

Issue

Section

Artikel