Analisa Bed Trun Over (BTO) Di Rumah Sakit Harapan dan Doa Kota Bengkulu Periode 2019
DOI:
https://doi.org/10.33560/jmiki.v9i2.312Keywords:
Bed Trun Over, Pasien Masuk, Pasien Keluar, Tempat TidurAbstract
Bed Turn Over (BTO) merupakan rerata jumlah pasien yang menggunakan setiap tempat tidur dalam periode tertentu. Nilai ideal BTO 40-50 kali/tahun. Indikator rawat inap terkait BTO sangat penting diperhatikan dalam upaya peningkatan mutu pelayanan. Tingginya BTO berpotensi mengganggu keseimbangan aspek klinis seperti infeksi nosocomial rumah sakit. Berdasarkan survey awal, nilai BTO tiga tahun terakhir di Rumah Sakit Harapan dan Doa Kota Bengkulu mengalami peningkatan yaitu tahun 2016 (58,23 kali/tahun), tahun 2017 (64-65 kali/tahun) dan tahun 2018 (65 kali/tahun). Hal ini menunjukkan bahwa pergantian tempat tidur pasien yang sangat cepat sehingga pemakaian tempat tidur melebihi ketentuan yaitu 40-50 kali/tahun artinya 1 tempat tidur digunakan lebih dari 50 pasien dalam setahun yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi nosokomial. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai BTO di Rumah Sakit Harapan dan Doa Kota Bengkulu Periode 2019. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel adalah 6.719 pasien rawat inap di Ruang Safa, Marwah dan Mina periode tahun 2019 dengan teknik pengambilan sampel adalah total populasi. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diolah dengan cara collecting, editing, classification dan tabulating serta dianalisis dengan menggunakan rumus BTO. Hasil analisis data, jumlah pasien dirawat pada periode periode 2019 di Ruang Safa sebanyak 2.690 pasien, Ruang Mina 2.060 pasien dan Ruang Marwah 1.961 pasien. Jumlah pasien keluar (hidup maupun mati) pada periode 2019 di Ruang Safa sebanyak 2.654 pasien keluar hidup dan 31 pasien keluar mati, Ruang Mina sebanyak 2.045 pasien keluar hidup dan 15 pasien keluar mati serta Ruang Marwah sebanyak 1.938 pasien keluar hidup dan 23 pasien keluar mati sehingga nilai BTO di Ruang Safa 83,87 kali/tahun, Ruang Marwah 88,64 kali/tahun dan Ruang Mina 93,58 kali/tahun. Diharapkan pihak Rumah Sakit untuk melakukan penambahan tempat tidur di Ruang Safa, Marwah dan Mina untuk mencegah atau mengurangi terjadinya infeksi nosokomial.
Downloads
References
Askes. 2014. Pedoman Pelayanan BPJS per 1 Januari 2014, PT. Askes 1 Januari 2014.
Ekawati, A. 2015. Hubungan Antara Lama Hari Rawat Dengan Antrian Masuk Rumah Sakit Pada Pasien Bpjs Di RS. Islam Jemursari Surabaya : Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol8, No1, Februari 2015., hal. 97-103
Departemen Kesehatan. 1993. Pengukuran Kinerja Rumah Sakit di Indonesia. Jakarta: Departemen Kesehatan Repulik Indonesia.
Department Kesehatan. 2005. Buku Petunjuk Pengisian, Pengolahan dan Penyajian Dara Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan Repulik Indonesia.
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 034/Birhub/1979 Tentang Perencanaan dan Pemeliharaan Rumah Sakit.
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 340/Menkes/Per/III/2010 Tentang Klasifikasi Rumah Sakit.
Lestari, N. 2014. Penyebab Bed Turn Over (BTO) di Instalasi Rawat Inap dr. M. Soewandhie Surabaya : Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia Vol.2 No.3 Juli-September 2014.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 340 Tahun 2010 Tentang Rumah Saki.
Pertiwi, A. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan Pada Pasien BPJS dan Pasien Umum Terhadap Kepuasan Pasien di Rawat Jalan RSUD Kota Surakarta : Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Vol. 18, No. 2
Rustiyanto, E. 2010. Statistik Rumah Sakit Untuk Pengambilan Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sabarguna, S. 2007. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Sagung seto.
Sarwoko, A. 2016. Analisis Deskriptif Bed Turn Over Bangsal Anak Di RSU Sarila Husada Sragen Per Triwulan Tahun 2013-2015. Karang Anyar: STIkes Mitra Husada.
Sudra, R. 2010. Statistik Rumah Sakit. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Susanti, E. 2013. Analisis Deskriptif Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Nilai BTO di RSUD Sunan Kalijaga Demak Tahun 2013. Demak : Karya Tulis Ilmiah.
Syafharini, A. 2012. Analisis Pelaksanaan Manejemen Mutu Pelayanan di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Islam Malahayati Medan. Disitasi dari http://repository.usu.ac.id/hadle/123456789/32843 [28Januari 2014].