Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Rekam Medis Di Puskesmas Arcamanik Kota Bandung

Authors

  • Sali Setiatin Politeknik PIKSI Ganesha Bandung
  • Sinta Rizki Agustin Politeknik PIKSI Ganesha Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33560/jmiki.v7i1.207

Keywords:

Sistem Informasi, Pelayanan Rekam Medis, Web

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi pelayanan rekam medis dengan menggunakan PHP dan MySQL di UPT Puskesmas Arcamanik Kota Bandung. Metode Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi langsung ke tempat penelitian, wawancara serta kajian pustaka. Metode perancangan yang digunakan adalah metode waterfall dengan alat bantu perancangan sistem berupa UML (Unified Modelling Language),  database  menggunakan MySQL dan pengujian software menggunakan metode blackbox. Permasalahan yang ditemukan pada penelitian : (1) seluruh pelayanan rekam medis masih dilakukan secara manual mulai dari pendaftaran, pelayanan, hingga kegiatan pelaporan masih dilakukan secara manual sehingga menghabiskan waktu yang lama, (2) rekam medis yang hilang atau terselip menimbulkan duplikasi data karena petugas membuatkan rekam medis yang baru. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis memberikan saran, diantaranya : (1) merancang sistem informasi pelayanan rekam medis yang terintegrasi, (2) mengadakan pelatihan kepada petugas atau pengguna sistem, (3) merancang sistem informasi berbasis web.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sali Setiatin, Politeknik PIKSI Ganesha Bandung

Saya adalah seorang perempuan yang dilahir di kota Garut pada tanggal 13 Maret 1984. Saya menempuh pendidikan 

S-2 : STIMA IMMI Jakarta, Konsentrasi Manajemen Pelayanan Rumah Sakit (2014), S-1 : Politeknik PIKSI Ganesha Bandung,  Jurusan Informatika Rekam Medis (2011), D-III :  Politeknik PIKSI Ganesha Bandung, Jurusan Rekam Medis dan Informatika Kesehatan (2006)

Sinta Rizki Agustin, Politeknik PIKSI Ganesha Bandung

Penulis dilahirkan di Bandung, Jawa Barat pada tanggal 18 Agustus 1995 dengan nama Sinta Rizki Agustin. Penulis merupakan anak pertama dari bapak Pendi dan ibu Yeti Asmayawati. Penulis bertempat  tinggal di Kp. Seke Angga RT 05/ RW 02, Desa. Mekar Manik, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung.

References

Davis, Gordon B, 2002. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Bina Alumni Indonesia : Jakarta.

Departemen Kesehatan RI, 2006, Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit. Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik, Jakarta.

Hatta, Gemala R., 2010.Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan disarana pelayanan Kesehatan.Universitas Indonesia : Jakarta.

Jogiyanto, H. M. 2005. Analis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Andi : Yogyakarta.

Kadir, Abdul, (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Andi : Yogyakarta.

Kristanto, Andri, (2008). Perancangan Sistem Informasi. Gava Media : Yogyakarta.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269/MENKES/PER 2008, Tentang Rekam Medis.

SK Menkes No 63/Menkes/SK/II/1981, Tentang Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (SP2TP).

Pressman, R. S, (2010). Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak. Andi : Yogyakarta.

Susanto, Azhar. (2013). Sistem Informasi Manajemen. Linggar Jaya: Bandung.

Published

2019-03-04

How to Cite

Setiatin, S., & Agustin, S. R. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Rekam Medis Di Puskesmas Arcamanik Kota Bandung. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 7(1), 33. https://doi.org/10.33560/jmiki.v7i1.207

Issue

Section

Artikel