Pengembangan Sistem Informasi Pendaftaran Dan Pelayanan Pasien Rawat Jalan Berbasis Web Di Puskesmas Padangan Kabupaten Bojonegoro

Authors

  • Tegar Wahyu Yudha Pratama stikes muhammadiyah bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.33560/jmiki.v8i2.291

Keywords:

SDLC, sistem informasi, pendaftaran pasien, pelayanan poliklinik

Abstract

Puskesmas padangan memiliki jumlah kunjungan 80 sampai 100 pasien  rawat jalan per harinya. Sistem pendaftaran dan pelayanan di poliklinik masih menggunakan sistem manual. Sehingga dalam pendaftaran pasien dan ketika petugas membutuhkan informasi data pasien ataupun laporan kunjungan pasien membutuhkan waktu yang lama. Maka dari itu, Perlu adanya sistem informasi yang dapat membantu petugas dalam mempercepat pelayanan kepada pasien. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu System Development Life Cycle. Populasi dan Sample dalam penelitian ada 6 orang yang akan dilakukan wawancara, dengan munggunakan total sampling. Hasil penelitian ini adalah aplikasi sistem informasi pendaftaran dan pelayanan poliklinik pasien rawat jalan di puskesmas padangan yang terdiri dari fitur diantaranya tampilan form login, form menu utama, form user, form poliklinik, form pasien, form kunjungan pasien, form dokter, form periksa pasien dan form laporan kunjungan pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardian, N (2008). Pengembangan Website

FKIP Unsri sebagai Media Penyampaian Informasi. Tugas Akhir. PDK Unsri : Tidak diterbitkan.

Haryanto, A (2017). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Rawat Jalan (Appointment) Berbasis Web Di Santosa Hospital Bandung Central. Skripsi. Bandung: D4 Manajemen Informatika Politeknik Piksi Ganesha.

Heryanto, A (2010). Aplikasi Pelayanan Puskesmas Berbasis Web. Skripsi. Jakarta: S1 Teknik Informatika

Unversitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Menteri Kesehatan RI (2008). Keputusan

Menteri Kesehatan RI Nomor

/MENKES/SK/II/2008 tentang

Standar Pelayanan Minimal Rumah

Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan

Republik Indonesia.

Presiden RI (2014). Peraturan Pemerintah

Republik Indonesia Nomor 46 Tahun

tentang Sistem Infromasi

Kesehatan. Jakarta: Departemen

Kesehatan Republik Indonesia.

Syifani, D dan Dores A (2018). Aplikasi Sistem Rekam Medis di Puskesmas Kelurahan Gunung. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, 9 (1), 22-31.

Published

2020-10-14

How to Cite

Pratama, T. W. Y. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Pendaftaran Dan Pelayanan Pasien Rawat Jalan Berbasis Web Di Puskesmas Padangan Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 8(2), 178. https://doi.org/10.33560/jmiki.v8i2.291

Issue

Section

Artikel