Pengaruh Rekam Medis Elektronik Terhadap Loyalitas Pasien di Tami Dental Care

Authors

  • Pri Agung Danarahmanto Akademi Perekam Medis dan Informatika Kesehatan Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33560/jmiki.v9i2.332

Keywords:

dokter gigi, gigi, rekam medis, loyalitas pasien

Abstract

Masalah kesehatan gigi dan mulut menjadi salah satu masalah kesehatan. Rekam medis memiliki pengaruh yang cukup besar dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh kelengkapan rekam medis elektronik terhadap loyalitas pasien di Tami Dental Care. Jenis penelitian merupakan jenis penelitian deksriptif kualitatif. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara secara mendalam dengan melibatkan beberapa sudut pandang informan, yaitu dokter, petugas, dan pasien. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rekam medis elektronik berpengaruh terhadap loyalitas pasien di Tami Dental Care. Kebaruan didapat dengan menguji dan menganalisis hubungan rekam medis elektronik dan loyalitas pasien, yang pada penelitian sebelumnya belum pernah diteliti pengaruhnya secara langsung antara rekam medis dan loyalitas pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Pri Agung Danarahmanto, Akademi Perekam Medis dan Informatika Kesehatan Bandung

https://orcid.org/0000-0002-2443-9101

https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=57216296672

Dr. Pri Agung Danarahmanto, S.T., M.Sn is an academic and business practitioner. He has a Doctorate in business and management from Padjadjaran University, where he studied innovation, business models, and sustainability in entrepreneurship, particularly digital business. He earned a Magister of Arts degree from Institut Kesenian Jakarta in creative media entreprise by researching the business models of digital philanthropic companies. He currently teaches at the APIKES Bandung and runs a company engaged in digital and health. He has interests in business, innovation, health, and information technology.

References

Agustiono, B., 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit St. Elisabeth Semarang. Eksplanasi, 1(1).

Caruana, Albert. 2002. “Service Loyaltyâ€. The Effect of Service Quality and the Mediating Role of Customer Satisfactionâ€. European Journal of Marketing.

Danarahmanto, P.A. 2019. Membangun Kinerja Berkelanjutan Perusahaan Rintisan (Startup) Digital di Indonesia Berdasarkan Model Bisnis Yang Dipengaruhi Oleh Inovasi, Partisipasi Pelanggan, dan Orientasi Kewirasusahaan (Doctoral dissertation). Bandung: Universitas Padjadjaran.

Danarahmanto, P.A., Primiana, I., Azis, Y. and Kaltum, U. 2020. The sustainable performance of the digital start-up company based on customer participation, innovation, and business model. Business: Theory and Practice, 21(1), pp.115-124.

Hatta, G. 2010. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan. Jakarta : UI-Press.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta: Kemenkes RI.

Miles Mathew B; Huberman Michael A. 1984. Qualitative Data Analysis a Sourcebook of New Methode. London: Sage Publications.

Oliver, R.L. 1997. Satisfaction : A Behavioral Perspektif on the Customer. Boston. Irwin McGraw-Hill.

Rusli A, dkk. 2006 . Manual Rekam Medis. Jakarta : Konsil Kedokteran.

Sudarwan, D. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif, Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian Untuk Mahasiswa dan Pemula, Bidang ilmu sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, P.D. 2017. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Graha Aksara.

Tjiptono. 1996. Manajemen Jasa, Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi Offset.

Undang-undang Nomor 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran.

Utama, S. 2005. â€Memahami Fenomena Kepuasan Pasien Rumah Sakitâ€. Jurnal Manajemen Kesehatan. 09 (1), 1-7.

Published

2021-10-06

How to Cite

Danarahmanto, P. A. (2021). Pengaruh Rekam Medis Elektronik Terhadap Loyalitas Pasien di Tami Dental Care. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 9(2), 151. https://doi.org/10.33560/jmiki.v9i2.332

Issue

Section

Artikel