Analisis Persepsi Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Poli Internis Terhadap Kepuasan Pasien Rsud Cibabat Cimahi

M Dana Prihadi(1*), Elma Elviana(2)
(1) Akademi Perekam Medis dan Informatika Kesehatan (APIKES) Bandung
(2) Akademi Perekam Medis dan Informatika Kesehatan (APIKES) Bandung
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33560/jmiki.v9i1.287

Sari

Semakin bertambah rumah sakit atau instansi kesehatan maka semakin ketat persaingan. Salah satu yang secara kasat mata dapat dilihat dan dirasakan adalah melalui kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pada penelitian ini populasinya mencakup pasien rawat jalan di poli internis sebanyak 4123 pasien. Sample sebanyak 98 orang pasien rawat jalan poli internis RSUD Cibabat Cimahi. Berdasarkan pengolahan data hasil menunjukan bahwa tingkat persepsi kualitas dan kepuasan pasien dari dimensi termasuk dalam kategori cukup baik. Diketahui nilai sig untuk pengaruh x terhadap y adalah sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai t hitung 10,613 > t table 1,9852 sehingga dapat disimpulkan diterima yang berarti terdapat pengaruh X terhadap Y dengan diperoleh koefesien korelasi 0,735 dapat disimpulkan bahwa semua variabel dari dimensi (bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan dan empati) secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan. Upaya untuk memperbaiki prosedur rawat jalan dengan melakukan pelayanan rawat jalan sesuai prosedur pendaftaran, untuk itu disarankan agar RSUD Cibabat Cimahi dapat melakukan perbaikan, peningkatan, dan pengembangan sarana fisik seperti membersihkan ruang perawatan dan lingkungan disekitarnya agar tertata lebih rapi dan bersih.

Kata Kunci


persepsi kualitas, kepuasan pasien, kinerja, layanan kesehatan

Article Statistic

Sari view : 163 times
PDF views : 181 times

File PDF yang Anda pilih harus dimuat di sini jika perambah web mempunyai plugin PDF reader diinstall (sebagai contoh: versi sekarang dari Adobe Acrobat Reader).

Alternatif lain, Anda juga bisa mengunduh file PDF langsung ke komputer Anda, dan bisa dibuka dengan menggunakan PDF reader. Untuk mengunduh PDF, klik tautan Unduh di bawah ini

Jika ada membutuhkan informasi lebih lanjut tentang cara mencetak, simpan dan bekerja dengan PDF, menyediakan Highwire Press bantuan Pertanyaan yang sering diajuka mengenai PDF.

Layar Penuh Layar Penuh dimatikan

Teks Lengkap: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.