Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terhambatnya Proses Pendaftaran Pasien Berdasarkan E-Puskesmas

Linda Handayuni(1*)
(1) STIKES Dharma Landbouw Padang
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33560/jmiki.v9i2.326

Sari

Pendaftaran pasien adalah pelayanan rutin petugas untuk menertibkan urutan pelayanan dan memudahkan mendapatkan informasi rekam medis bagi seluruh fasilitas pelayanan yang tersedia di Puskesmas. Pendaftaran pasien bertujuan sebagai acuan penerapan langkah-langkah untuk pelayanan diloket pendaftaran agar berjalan dengan tepat, cepat, lancar, dan sesuai dengan prosedur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui studi literature review tentang faktor-faktor yang mempengaruhi terhambatnya proses pendaftaran pasien pada E-Puskesmas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan analisis deskriptif yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang ada kemudian dianalisis, diuraikan, mencari kesamaan, pandangan, dan ringkasan terhadap beberapa penelitian. Hasil dari studi literatur faktor-faktor yang mempengaruhi terhambatnya proses pendaftaran pasien pada E-Puskesmas yaitu masih ditemukannya pendaftaran yang kurang efektif dan tidak dilaksanakan sesuai dengan prosedur pendaftaran yang telah ditetapkan. Beberapa aspek yang dinilai yaitu pelaksanaan pendaftaran dengan menggunakan E-Puskesmas, SOP, pengetahuan pasien, waktu tunggu, dan jaringan.

Kata Kunci


Pendaftaran Pasien, Penghambat Pendaftaran, E-Puskesmas.

Referensi


Azyyati, R, A, dkk. (2020). Analisis Pelaksanaan E-Puskesmas di Puskesmas Ikur Koto Padang. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan. Vol 5 (2) Juni 2020 (395-402) (E-ISSN - 2477-6521).

Depkes. (2006). Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia. Jakarta: Departemen RI

Diana. B, dk (2015). Analisis Sistem Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur Tahun 2014. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, ISSN: 2337-585X, Vol. 3, No. 1, Maret 2015.

Haryanto, E. S. (2017). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Puskesmas di Kabupaten Sleman. Information Systems for Public Health, Vol. 1, No. 2, Agustus 2016.

Hasriani. (2015). Gambaran Tingkat Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Remaja Wanita Tentang Dampak Merokok di Club Malam Retro Makassar. Diakses melalui http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4148/1/KTI%20HASRIANI.pdf

Henny M, U, dkk. (2016). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Prima di Rumah Sakit Umum Daerah Petala Bumi Provinsi Riau Tahun 2016. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia. Vol. 4 No. 2 Oktober 2016 (ISSN: 2337-600)7 (online); 2337-585X (Printed).

Menkes RI, (2007). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor: 377/Menkes/SK/III/2007 Tentang Standar Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan. Jakarta.

________, (2013). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Perekam Medis. Jakarta.

Nadia. R. A. (2017). Faktor Human, Organizing, dan Technology dalam Penggunaan Aplikasi Simpus untuk Pendaftaran Pasien di Puskesmas Mulyorejo Surabaya. The Indonesian Journal of Public Health, Vol. 12 No. 2, Desember 2017: 237–248.

Notoatmojo, Soekidjo. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurul. B, dkk. (2019). Analisis Proses Pelayanan Pendaftaran Pasien di Puskesmas Jatisrono 1 Kabupaten Wonogiri. Kesehatan Masyarakat.

Peraturan Menteri Kesehatan RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta.

Putra, H. N. (2018). Analisis Pelaksanaan Sistem E-Puskesmas dengan Menggunakan Metode Pieces di Puskesmas Pemancyngan Padang Tahun 2018. Vol. 1 No.1 Oktober 2018. Ensiklopedia of Journal. Diakses melalui http://jurnal.ensiklopediaku.org.

Rahayu. W, dkk. (2018). Gambaran Proses Pelayanan ditempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Sukosewu Bojonegoro. Gambaran Proses Pelayanan di Tempat Pendaftaran, Hospital Science (2018), 2(2): 27-32 ISSN: 2598-0122 (online); 2598-0114 (Print).

Satriadi dan Dwi Septi Haryani. (2019). Penerapan E-Puskesmas pada Puskesmas Tanjung Pinang. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis (JPEB), 4 (2), 2019, Hal: 153-165. Diakses melalui http://www.jpeb.dinus.ac.id.

Shofiana, N. B, dkk. (2019). Analisa Proses Pelayanan Pendaftaran Pasien di Puskesmas Jatisrono I Kabupaten Wonogiri. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Volume 7, Nomor 1, Januari 2019 (ISSN: 2356-3346)

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuliatatif, dan R & D. Bandung: Afabeta.

______. 2012. Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan R & D. Bandung: Alfabeta

Wulandari, F. (2016). Efektivitas Penerapan Layanan. Efektivitas, E-Puskesmas, Pelayanan Publik.


Article Statistic

Sari view : 73 times
PDF views : 123 times

File PDF yang Anda pilih harus dimuat di sini jika perambah web mempunyai plugin PDF reader diinstall (sebagai contoh: versi sekarang dari Adobe Acrobat Reader).

Alternatif lain, Anda juga bisa mengunduh file PDF langsung ke komputer Anda, dan bisa dibuka dengan menggunakan PDF reader. Untuk mengunduh PDF, klik tautan Unduh di bawah ini

Jika ada membutuhkan informasi lebih lanjut tentang cara mencetak, simpan dan bekerja dengan PDF, menyediakan Highwire Press bantuan Pertanyaan yang sering diajuka mengenai PDF.

Layar Penuh Layar Penuh dimatikan

Teks Lengkap: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.