Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Rekam Medis Di Puskesmas Arcamanik Kota Bandung

Sali Setiatin(1), Sinta Rizki Agustin(2*)
(1) Politeknik PIKSI Ganesha Bandung
(2) Politeknik PIKSI Ganesha Bandung
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33560/jmiki.v7i1.207

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi pelayanan rekam medis dengan menggunakan PHP dan MySQL di UPT Puskesmas Arcamanik Kota Bandung. Metode Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi langsung ke tempat penelitian, wawancara serta kajian pustaka. Metode perancangan yang digunakan adalah metode waterfall dengan alat bantu perancangan sistem berupa UML (Unified Modelling Language)database  menggunakan MySQL dan pengujian software menggunakan metode blackbox. Permasalahan yang ditemukan pada penelitian : (1) seluruh pelayanan rekam medis masih dilakukan secara manual mulai dari pendaftaran, pelayanan, hingga kegiatan pelaporan masih dilakukan secara manual sehingga menghabiskan waktu yang lama, (2) rekam medis yang hilang atau terselip menimbulkan duplikasi data karena petugas membuatkan rekam medis yang baru. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis memberikan saran, diantaranya : (1) merancang sistem informasi pelayanan rekam medis yang terintegrasi, (2) mengadakan pelatihan kepada petugas atau pengguna sistem, (3) merancang sistem informasi berbasis web.

Kata Kunci


Sistem Informasi, Pelayanan Rekam Medis, Web

Referensi


Davis, Gordon B, 2002. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Bina Alumni Indonesia : Jakarta.

Departemen Kesehatan RI, 2006, Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit. Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik, Jakarta.

Hatta, Gemala R., 2010.Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan disarana pelayanan Kesehatan.Universitas Indonesia : Jakarta.

Jogiyanto, H. M. 2005. Analis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Andi : Yogyakarta.

Kadir, Abdul, (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Andi : Yogyakarta.

Kristanto, Andri, (2008). Perancangan Sistem Informasi. Gava Media : Yogyakarta.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269/MENKES/PER 2008, Tentang Rekam Medis.

SK Menkes No 63/Menkes/SK/II/1981, Tentang Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (SP2TP).

Pressman, R. S, (2010). Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak. Andi : Yogyakarta.

Susanto, Azhar. (2013). Sistem Informasi Manajemen. Linggar Jaya: Bandung.


Article Statistic

Sari view : 191 times
PDF views : 185 times

File PDF yang Anda pilih harus dimuat di sini jika perambah web mempunyai plugin PDF reader diinstall (sebagai contoh: versi sekarang dari Adobe Acrobat Reader).

Alternatif lain, Anda juga bisa mengunduh file PDF langsung ke komputer Anda, dan bisa dibuka dengan menggunakan PDF reader. Untuk mengunduh PDF, klik tautan Unduh di bawah ini

Jika ada membutuhkan informasi lebih lanjut tentang cara mencetak, simpan dan bekerja dengan PDF, menyediakan Highwire Press bantuan Pertanyaan yang sering diajuka mengenai PDF.

Layar Penuh Layar Penuh dimatikan

Teks Lengkap: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.