Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Telemedicine (Systematic Review)

Agus Riyanto(1*)
(1) Prodi MIK -Universitas Esa Unggul
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33560/jmiki.v9i2.337

Sari

Latar belakang : Salah satu pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam bidang kesehatan adalah Telemedicine. Telemedicine telah diterapkan diberbagai negara didunia, dalam penyelenggaraannya banyak faktor yang mempengaruhi telemedicine. Mengingat pentingnya  teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini dan potensi pengembangannya khususnya untuk pencegahan penyebaran COVID-19, maka penulis ingin mengetahui faktor yang mempengaruhi pelaksanaan telemedicine.Tujuan Penelitian : Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan telemedicine.Metode Penelitian : Desain penelitian ini adalah systematic review dengan melihat secara sismatis jurnal dan artikel, pada penelitian ini didapatkan pada 136 artikel dan jurnal yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 18 artikel. Hasil dan Pembahasan : Faktor-faktor yang mempengaruhi telemedicine dijabarkan kedalam 4 faktor yaitu yaitu aturan dan peraturan organisasi, faktor keuangan, infrastruktur teknologi, dan adanya pandemic covid-19 yang menyebabkan adanya pembatasan berpergian. Aturan dan peraturan organisasi telemedicine menjadikan perkembangan yang pesat dari telemedicine yang menyebabkan peningkatan kunjungan dan penggunaan telemedicine. Faktor keuangan berpengaruh pada telemedicine karena dengan adanya telemedicine alokasi anggaran keuangan dari pasien untuk pengobatan dinilai dapat berkurang karena penggunaan telemedicine dapat menghemat biaya dari segi perjalanan dan waktu. Faktor infrastruktur dan teknologi diperlukan dalam telemedicine untuk mendukung kelancaran pelaksaan telemedicine dan dapat mendukung kepuasan dari para pengguna telemedicine. Faktor Pandemi Covid-19 dalam telemedicine berkaitan dengan adanya peralihan metode pengobatan kepada metode telemedicine oleh penyelenggara pelayanan kesehatan dan pasien selama masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan untuk menjaga jarak social.

Kata Kunci


Telemedicine; Covid-19; Faktor Pelaksaan Telemedicine

Article Statistic

Sari view : 509 times
PDF views : 901 times

File PDF yang Anda pilih harus dimuat di sini jika perambah web mempunyai plugin PDF reader diinstall (sebagai contoh: versi sekarang dari Adobe Acrobat Reader).

Alternatif lain, Anda juga bisa mengunduh file PDF langsung ke komputer Anda, dan bisa dibuka dengan menggunakan PDF reader. Untuk mengunduh PDF, klik tautan Unduh di bawah ini

Jika ada membutuhkan informasi lebih lanjut tentang cara mencetak, simpan dan bekerja dengan PDF, menyediakan Highwire Press bantuan Pertanyaan yang sering diajuka mengenai PDF.

Layar Penuh Layar Penuh dimatikan

Teks Lengkap: PDF

How To Cite This :

Refbacks