Pengukuran Kinerja dengan Metode Human Resource Scorecard pada Petugas Rekam Medis di Salah Satu Rumah Sakit Daerah Kabupaten Lumajang

feby Erawantini(1*), Galuh Dwi Saraswati(2)
(1) Rekam Medis Jurusan Kesehatan Politeknik Negeri Jember
(2) Rekam Medis Jurusan Kesehatan Politeknik Negeri Jember
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33560/jmiki.v8i2.273

Sari

Abstrak ditulis dalam bahasa indonesia masing-masing tidak lebih dari 200 kata yang mencakup atau terdiri dari masalah, tujuan, metode, dan hasil yang dituliskan dalam satu paragaraf, dituliskan dengan font Times New Roman ukuran 10pt spasi 1. Abstrak tidak perlu menyertakan sumber sitasi dan tidak boleh mengandung gambar dan tabel. Abstrak harus menggambarkan isi dari penelitian secara keseluruhan Pengukuran kinerja dapat diterapkan untuk mengetahui sejauh mana kualitas ketenagakerjaan. Penilaian kinerja petugas Unit Kerja Rekam Medis (UKRM) salah satu rumah sakit umum di Kabupaten Lumajang melalui observasi, pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) serta berdasarkan Standar Kinerja Pegawai (SKP). Sedangkan petugas ditemukan sering terlamat ketika masuk kerja. Tujuan penelitian ini adalah Melakukan Pengukuran Kinerja Seimbang dengan Metode Human Resource Scorecard Pada Petugas Rekam Medis di salah satu rumah sakit umum di Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuntitatif. Populasi yang digunakan adalah 27 petugas rekam medis dengan sample memakai total sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan distribusi frekuensi, didapatkan nilai High Performance Work System (HPWS) baik (79%), HR Deliverable baik (83%), Efisiensi SDM baik (80%), Kinerja baik (86,31%). Sedangkan hasil pengukuran kinerja HR Scorecard pada petugas rekam medis yaitu proporsional,  dengan rata-rata skor  dimensi HR Scorecard 80,67% (baik) dan kinerja 76,15% (baik). Sehingga perlu adanya perhatian terhadap  sistem  reward maupun punishment, pengembangan profesional SDM, sistem presensi secara digital, monitoring dan evaluasi pelaksanaan poin HR Scorecard yang dominan dan kinerja.

Kata Kunci


HR Scorecard, Pengukuran Kinerja, petugas rekam medis

Referensi


Aryani, Nindya N. 2008. Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Departemen Personalia Melalui Pendekatan Human Resources Scorecard Pada PT. Unitex, Tbk.. Bogor : Institut Pertanian Bogor

Becker, B.E, M.A Huselid dan D. Ulrich. 2009. The HR Scorecard : Mengaitkan Manusia, Strategi dan Kinerja. Diterjemahkan oleh: Dian Rahadyanto Basuki. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Dessler, Gary. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Indeks

Dharma, Agus. 2006. Manajemen Supervisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

DPR RI, Presiden RI. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Jakarta : Republik indonesia.

Febrianto, M. R.. dan H. S. Widiana. 2013. Efek Pelayanan Senyum, Salam, Sapa Petugas Kasir Terhadap Kepuasan Konsumen Supermarket. Jurnal Psikologi Undip Vol. 12 No.1. ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/download/8334/6863. Diakses tanggal 29 Agustus 2017.

Gibson JL, Ivancevich JM, Donnely JH. 1992. Organisasi dan Manajemen Perilaku Struktur Proses.Jakarta : Erlangga.

Husaini. 2014. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Jati BRG. 2017. Pengaruh Rewerd (Penghargaan) terhadap Kinerja dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Moderasi. Universitas Lampung. Lampung

Kemenkes. 2013. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Perekam Medis. Jakarta : Kemenkes.

Mangkuprawira, Sjafri. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta Selatan : Ghalia Indonesia.

Meldona. 2009. Manajemen Sumberdaya Manusia Perspektif Integratif. Malang : UIN-Malang Press.

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Mulyadi H. 2014. Hubungan Kepemimpinan Dengan Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman. FIP. UNP

Nastiti, G. Astri. 2015. Pendekatan Human Resource Scorecard dalam Mengevaluasi Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan Universitas Mercu Buana Jakarta). Jakarta : Universitas Mercu Buana.

Oei, Istijanto. 2010. Riset Sumber Daya Manusia : Cara Praktis Mengukur Stress, Kepuasan Kerja, Komitmen, Loyalitas, Motivasi Kerja dan Aspek-Aspek Kerja Karyawan Lainnya. Cetakan keempat. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil (Cetakan Kelima). Bandung : PT Refika Aditama.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Susanti, Tentrem. Studi tentang Kinerja Petugas Rekam Medis di Rumah Sakit Persatuan Djamaah Haji Indonesia Yogjakarta. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wibisono, Dermawan. 2006. Manajemen Kinerja Konsep, Desain dan Teknik Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Erlangga

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta : Raja Grafndo Persada.

Wijono, Sutanto. 2010. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Ziliwu HJ. 2013. Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Kinerja Koordinator Perawatan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa. Universitas Hasanuddin. Makassar.


Article Statistic

Sari view : 8 times
PDF views : 5 times

File PDF yang Anda pilih harus dimuat di sini jika perambah web mempunyai plugin PDF reader diinstall (sebagai contoh: versi sekarang dari Adobe Acrobat Reader).

Alternatif lain, Anda juga bisa mengunduh file PDF langsung ke komputer Anda, dan bisa dibuka dengan menggunakan PDF reader. Untuk mengunduh PDF, klik tautan Unduh di bawah ini

Jika ada membutuhkan informasi lebih lanjut tentang cara mencetak, simpan dan bekerja dengan PDF, menyediakan Highwire Press bantuan Pertanyaan yang sering diajuka mengenai PDF.

Layar Penuh Layar Penuh dimatikan

Teks Lengkap: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.