Optimalisasi Analisis Data Rekam Medis Elektronik Menggunakan Business Intelligence di Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

jayanti aswinasih(1*), Aris susanto(2), hosizah hosizah(3)
(1) Universitas Esa Unggul
(2) universitas esa unggul
(3) universitas esa unggul
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33560/jmiki.v8i1.266

Sari

Saat ini, kemudahan akses pelayanan kesehatan memiliki pengaruh terhadap jumlah kunjungan di fasilitas kesehatan, salah satunya  adalah Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih. Jumlah Kunjungan yang meningkat menjadikan data rekam medis pasien juga meningkat dan mengakibatkan data besar, yang dikenal dengan big data. Jumlah kunjungan rawat jalan Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih  pada tahun 2018 sudah mencapai angka 147.232 pasien yang berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (JABODETABEK). Untuk pengolahan data yang besar maka diperlukan suatu model pengolahan data besar menggunakan Business Intelligence (BI). Teknologi ini dapat mempermudah pengolahan dan penyajian data dalam waktu  singkat serta menghasilkan luaran berupa dashboard yang dapat menampilkan semua informasi dalam satu jendela. Agar cepat dalam pengambilan keputusan terhadap pelayanan, mengingat jumlah kunjungan yang banyak maka diperlukan proses yang cepat agar pelayanan tidak terhambat. Jenis penelitian ini adalah action research dengan mengacu business intelligence roadmap. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah multidimensional analysis, exploratory analysis, dan trend analysis. Hasil penelitian menampilkan sejumlah dashboard yang dibutuhkan yakni dashboard peta sebaran pasien, usia, jenis kelamin, poliklinik, diagnosis, cara pembayaran, asal rujukan dan tren kunjungan pasien, serta mengintepretasikan dashboard menjadi sebuah informasi.

Kata Kunci


Business Intelligence, Rekam Medis Elektronik

Article Statistic

Sari view : 33 times
PDF views : 39 times

File PDF yang Anda pilih harus dimuat di sini jika perambah web mempunyai plugin PDF reader diinstall (sebagai contoh: versi sekarang dari Adobe Acrobat Reader).

Alternatif lain, Anda juga bisa mengunduh file PDF langsung ke komputer Anda, dan bisa dibuka dengan menggunakan PDF reader. Untuk mengunduh PDF, klik tautan Unduh di bawah ini

Jika ada membutuhkan informasi lebih lanjut tentang cara mencetak, simpan dan bekerja dengan PDF, menyediakan Highwire Press bantuan Pertanyaan yang sering diajuka mengenai PDF.

Layar Penuh Layar Penuh dimatikan

Teks Lengkap: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.