Hubungan Literasi Penggunaan Internet dengan Minat Pasien terhadap Pendaftaran Online di Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang

Najihah Rosalina(1*), Kuncoro Mubyarto(2), Enny Rachmani(3)
(1) Universitas Dian Nuswantoro
(2) Universitas Dian Nuswantoro
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33560/jmiki.v9i1.294

Sari

Kesehatan merupakan aset yang penting bagi setiap individu, akses informasi kesehatan melalui media internet dapat dilakukan hanya dengan genggaman tangan. Berdasarkan survei awal November 2017 di Kota Semarang sedikitnya hanya empat puskesmas yang ditunjuk untuk menerapkan pendaftaran online dan Puskesmas Kedungmundu tidak termasuk didalamnya. Puskesmas Kedungmundu masih menggunakan sistem pendaftaran secara manual sehingga pasien harus menunggu antrian cukup lama. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif dilakukan dengan metode survey analitik. Dalam kegiatan observasi,  peneliti  menggunakan kuesioner modifikasi dari CEW (computer-email-web) sebagai instrumen penelitian. Dan objek dari penelitian ini adalah pasien yang mendaftar di Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pasien memiliki mobilephone (92%) dengan (79%) tersambung internet dan yang memiliki computer (52%) dengan hanya (43%) yang tersambung internet. Minat pasien terhadap pendaftaran online sudah cukup tinggi (72%). Namun, tingkat literasi pasien masih pada taraf medium (45%) dan perilaku pasien dalam penggunaan internet belum dapat menunjang penggunaan internet. Paling banyak (19%) pasien hanya mengakses internet browser 0-1jam/minggu. Puskesmas harus melakukan sosialisasi guna meningkatkan pemahaman pasien terhadap komputer dan internet.  

Kata Kunci


Literasi Penggunaan Internet, Pendaftaran Online

Referensi


Akny, A. B. (2014). Mewujudkan Good Governance melalui Reformasi Birokrasi di Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur untuk Peningkatan Kesejahteraan Pegawai” dalam Jejaring Administrasi Publik, Th. Jejaring Administrasi Publik: Jurnal Ilmiah, Universitas Airlangga, 6(1), 416–427.

Bunz, U. (2004). The computer-email-web (CEW) fluency scale-development and validation. International Journal of Human-Computer Interaction, 17(4), 479–506.

Cahyadi, R. (2016). Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Fiat Justicia Jurnal Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Lampung, 10(3), 569–586.

Castells, M. (2002). The Internet galaxy: Reflections on the Internet, business, and society. Oxford University Press on Demand.

Dewi, R., Janitra, P. A., & Aristi, N. (2018). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Informasi Kesehatan Bagi Masyarakat. Media Karya Kesehatan, 1(2).

Ekowati, Y. (2003). Rancangan Basis Data Informasi Morbiditas Yang Berbasis Komputer Di Balai Pengobatan Umum Puskesmas Petarukan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Diponegoro University.

Imran, H. A. (2010). Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Masyarakat Pedesaan. Dalamsulhanihermawan, Http://Sulhanihermawan.Files.Com/2012/03/Contoh Risetkuantitatif. Pdf, Diakses, 4.

Marshela, D. P. (2016). Implementasi Layanan e-health di Puskesmas Ngagel Rejo Kota Surabaya dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat. Universitas Airlangga.

Nurjanah, E., Rusmana, A., & Yanto, A. (2017). Hubungan literasi digital dengan kualitas penggunaan e-resources. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(2), 117–140.

Rachmani, E. (2020). Persepsi Pasien di Puskesmas Kota Semarang terhadap Pendaftaran Online Sebagai Implikasi Smart City. VIisikes: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 18(2).

Sa’idah, N. (2017). Analisis Penggunaan Sistem Pendaftaran Online (E-Health) berdasarkan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 5(1), 72–81.

Setiawan, W., Abdulkarim, A., & Nugraha, E. (n.d.). Pre-Service Teacher’s Digital Literacy : A Leap in Time. Jurnal Pengajaran MIPA, 23(1).

Sosiawan, E. A. (2015). Tantangan dan Hambatan dalam implementasi E-Government di Indonesia. Seminar Nasional Informatika Medis, 1(5).

Statistik, B. P. (2018). Statistik gender tematik: profil generasi milenial Indonesia. Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak.

Subiakto, H., & Fisip, U. A. (2013). Internet untuk pedesaan dan pemanfaatannya bagi masyarakat (The usage of internet for the village and villagers). Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 26(4), 243–256.

van Deursen, A., & van Dijk, J. (2011). Internet skills performance tests: are people ready for eHealth? Journal of Medical Internet Research, 13(2), e35.


Article Statistic

Sari view : 219 times
PDF views : 104 times

File PDF yang Anda pilih harus dimuat di sini jika perambah web mempunyai plugin PDF reader diinstall (sebagai contoh: versi sekarang dari Adobe Acrobat Reader).

Alternatif lain, Anda juga bisa mengunduh file PDF langsung ke komputer Anda, dan bisa dibuka dengan menggunakan PDF reader. Untuk mengunduh PDF, klik tautan Unduh di bawah ini

Jika ada membutuhkan informasi lebih lanjut tentang cara mencetak, simpan dan bekerja dengan PDF, menyediakan Highwire Press bantuan Pertanyaan yang sering diajuka mengenai PDF.

Layar Penuh Layar Penuh dimatikan

Teks Lengkap: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.