PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN DAN PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN BERBASIS WEB DI PUSKESMAS PADANGAN KABUPATEN BOJONEGORO

tegar wahyu yudha pratama(1*)
(1) stikes muhammadiyah bojonegoro
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33560/jmiki.v8i2.291

Sari

Puskesmas padangan memiliki jumlah kunjungan 80 sampai 100 pasien  rawat jalan per harinya. Sistem pendaftaran dan pelayanan di poliklinik masih menggunakan sistem manual. Sehingga dalam pendaftaran pasien dan ketika petugas membutuhkan informasi data pasien ataupun laporan kunjungan pasien membutuhkan waktu yang lama. Maka dari itu, Perlu adanya sistem informasi yang dapat membantu petugas dalam mempercepat pelayanan kepada pasien. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu System Development Life Cycle. Populasi dan Sample dalam penelitian ada 6 orang yang akan dilakukan wawancara, dengan munggunakan total sampling. Hasil penelitian ini adalah aplikasi sistem informasi pendaftaran dan pelayanan poliklinik pasien rawat jalan di puskesmas padangan yang terdiri dari fitur diantaranya tampilan form login, form menu utama, form user, form poliklinik, form pasien, form kunjungan pasien, form dokter, form periksa pasien dan form laporan kunjungan pasien.

Kata Kunci


SDLC, sistem informasi, pendaftaran pasien, pelayanan poliklinik

Referensi


Ardian, N (2008). Pengembangan Website

FKIP Unsri sebagai Media Penyampaian Informasi. Tugas Akhir. PDK Unsri : Tidak diterbitkan.

Haryanto, A (2017). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Rawat Jalan (Appointment) Berbasis Web Di Santosa Hospital Bandung Central. Skripsi. Bandung: D4 Manajemen Informatika Politeknik Piksi Ganesha.

Heryanto, A (2010). Aplikasi Pelayanan Puskesmas Berbasis Web. Skripsi. Jakarta: S1 Teknik Informatika

Unversitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Menteri Kesehatan RI (2008). Keputusan

Menteri Kesehatan RI Nomor

/MENKES/SK/II/2008 tentang

Standar Pelayanan Minimal Rumah

Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan

Republik Indonesia.

Presiden RI (2014). Peraturan Pemerintah

Republik Indonesia Nomor 46 Tahun

tentang Sistem Infromasi

Kesehatan. Jakarta: Departemen

Kesehatan Republik Indonesia.

Syifani, D dan Dores A (2018). Aplikasi Sistem Rekam Medis di Puskesmas Kelurahan Gunung. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, 9 (1), 22-31.


Article Statistic

Sari view : 11 times
PDF views : 0 times

File PDF yang Anda pilih harus dimuat di sini jika perambah web mempunyai plugin PDF reader diinstall (sebagai contoh: versi sekarang dari Adobe Acrobat Reader).

Alternatif lain, Anda juga bisa mengunduh file PDF langsung ke komputer Anda, dan bisa dibuka dengan menggunakan PDF reader. Untuk mengunduh PDF, klik tautan Unduh di bawah ini

Jika ada membutuhkan informasi lebih lanjut tentang cara mencetak, simpan dan bekerja dengan PDF, menyediakan Highwire Press bantuan Pertanyaan yang sering diajuka mengenai PDF.

Layar Penuh Layar Penuh dimatikan

Teks Lengkap: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.