Analisis Penerimaan Sistem Pendaftaran Online Puskesmas Menggunakan TAM2 dan UTAUT

Nina Dwi Astuti(1*), Kusworo Adi(2), Antono Suryo Putro(3)
(1) Universitas Diponegoro
(2) Universitas Diponegoro
(3) Universitas Diponegoro
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33560/jmiki.v8i2.285

Sari

Sistem informasi pendaftaran online Puskesmas menjadi bagian penting dalam pelayanan Puskesmas.  Sistem ini dapat membantu mengatur antrian dan meningkatkan kualitas pelayanan. Studi tentang tingkat penerimaan pengguna diperlukan untuk mendukung keberhasilan implementasi sistem ini. Model TAM2 dan UTAUT digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi  niat menggunakan sistem informasi pendaftaran online rawat jalan di Puskesmas Kota Semarang. Studi kuantitatif dengan design cross sectional dilakukan terhadap 200 pengunjung Puskesmas yang menggunakan sistem ini. Hasil analisis menggunakan Stuctural Equation Modelling (SEM) mendapatkan hasil bahwa model TAM2 dapat memprediksi 76,5% persepsi akan manfaat dan 28,3% niat menggunakan, sedangkan model UTAUT mampu memprediksi 41,6% niat menggunakan sistem ini. Hasil yang nyata (T-stat = 3,384) dan kualitas keluaran (T-stat = 2,240) merupakan faktor yang mempengaruhi niat menggunakan sistem informasi pendaftaran online yang dimediasi persepsi akan manfaat berdasarkan model TAM2, sedangkan harapan kinerja (T-stat = 3,209), harapan usaha (T-stat = 2,064) dan harapan usaha yang dimoderasi oleh umur (T-stat = 1,934)  merupakan  faktor yang mempengaruhi niat menggunakan berdasarkan model UTAUT.

Kata Kunci


pendaftaran online; penerimaan pengguna; TAM; UTAUT

Article Statistic

Sari view : 4 times
PDF views : 0 times

File PDF yang Anda pilih harus dimuat di sini jika perambah web mempunyai plugin PDF reader diinstall (sebagai contoh: versi sekarang dari Adobe Acrobat Reader).

Alternatif lain, Anda juga bisa mengunduh file PDF langsung ke komputer Anda, dan bisa dibuka dengan menggunakan PDF reader. Untuk mengunduh PDF, klik tautan Unduh di bawah ini

Jika ada membutuhkan informasi lebih lanjut tentang cara mencetak, simpan dan bekerja dengan PDF, menyediakan Highwire Press bantuan Pertanyaan yang sering diajuka mengenai PDF.

Layar Penuh Layar Penuh dimatikan

Teks Lengkap: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.