Pengaruh Rekam Medis Elektronik Terhadap Loyalitas Pasien di Tami Dental Care

Pri Agung Danarahmanto(1*)
(1) Akademi Perekam Medis dan Informatika Kesehatan Bandung
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33560/jmiki.v9i2.332

Sari

Masalah kesehatan gigi dan mulut menjadi salah satu masalah kesehatan. Rekam medis memiliki pengaruh yang cukup besar dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh kelengkapan rekam medis elektronik terhadap loyalitas pasien di Tami Dental Care. Jenis penelitian merupakan jenis penelitian deksriptif kualitatif. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara secara mendalam dengan melibatkan beberapa sudut pandang informan, yaitu dokter, petugas, dan pasien. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rekam medis elektronik berpengaruh terhadap loyalitas pasien di Tami Dental Care. Kebaruan didapat dengan menguji dan menganalisis hubungan rekam medis elektronik dan loyalitas pasien, yang pada penelitian sebelumnya belum pernah diteliti pengaruhnya secara langsung antara rekam medis dan loyalitas pasien.

Kata Kunci


dokter gigi, gigi, rekam medis, loyalitas pasien

Referensi


Agustiono, B., 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit St. Elisabeth Semarang. Eksplanasi, 1(1).

Caruana, Albert. 2002. “Service Loyalty”. The Effect of Service Quality and the Mediating Role of Customer Satisfaction”. European Journal of Marketing.

Danarahmanto, P.A. 2019. Membangun Kinerja Berkelanjutan Perusahaan Rintisan (Startup) Digital di Indonesia Berdasarkan Model Bisnis Yang Dipengaruhi Oleh Inovasi, Partisipasi Pelanggan, dan Orientasi Kewirasusahaan (Doctoral dissertation). Bandung: Universitas Padjadjaran.

Danarahmanto, P.A., Primiana, I., Azis, Y. and Kaltum, U. 2020. The sustainable performance of the digital start-up company based on customer participation, innovation, and business model. Business: Theory and Practice, 21(1), pp.115-124.

Hatta, G. 2010. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan. Jakarta : UI-Press.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta: Kemenkes RI.

Miles Mathew B; Huberman Michael A. 1984. Qualitative Data Analysis a Sourcebook of New Methode. London: Sage Publications.

Oliver, R.L. 1997. Satisfaction : A Behavioral Perspektif on the Customer. Boston. Irwin McGraw-Hill.

Rusli A, dkk. 2006 . Manual Rekam Medis. Jakarta : Konsil Kedokteran.

Sudarwan, D. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif, Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian Untuk Mahasiswa dan Pemula, Bidang ilmu sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, P.D. 2017. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Graha Aksara.

Tjiptono. 1996. Manajemen Jasa, Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi Offset.

Undang-undang Nomor 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran.

Utama, S. 2005. ”Memahami Fenomena Kepuasan Pasien Rumah Sakit”. Jurnal Manajemen Kesehatan. 09 (1), 1-7.


Article Statistic

Sari view : 47 times
PDF views : 34 times

File PDF yang Anda pilih harus dimuat di sini jika perambah web mempunyai plugin PDF reader diinstall (sebagai contoh: versi sekarang dari Adobe Acrobat Reader).

Alternatif lain, Anda juga bisa mengunduh file PDF langsung ke komputer Anda, dan bisa dibuka dengan menggunakan PDF reader. Untuk mengunduh PDF, klik tautan Unduh di bawah ini

Jika ada membutuhkan informasi lebih lanjut tentang cara mencetak, simpan dan bekerja dengan PDF, menyediakan Highwire Press bantuan Pertanyaan yang sering diajuka mengenai PDF.

Layar Penuh Layar Penuh dimatikan

Teks Lengkap: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.