Perancangan Tracer untuk Mengendalikan Missfile Berkas Rekam Medis pada Bagian Filing di Puskesmas I Denpasar Selatan

Luh Yulia Adiningsih(1*), Komang Ananta Wijaya(2)
(1) Politeknik Kesehatan Kartini Bali
(2) Politeknik Kesehatan Kartini Bali
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33560/jmiki.v9i1.307

Sari

Puskesmas merupakan salah satu instansi kesehatan yang memiliki peran penting dalam kesehatan dasar (primary health care) yang dibutuhkan masyarakat. Hal tersebut tentunya berpengaruh pada manajemen dan mutu pelayanan Puskesmas yang dapat dilihat dari sistem penyimpanan berkas rekam medis yang baik. Berdasarkan hasil observasi di Puskesmas I Denpasar Selatan pada studi pendahuluan, terlihat bahwa tidak terdapatnya tracer yang digunakan sebagai penanda bahwa berkas rekam medis sedang berada diluar ruang filing.. Penelitian ini dilakukan di Puseksmas I Denpasar Selatan mengenai perancangan tracer di bagian filing untuk mengendalikan missfile menggunakan metode perancangan tracer. Subyek dalam perancangan tracer ini berjumlah tiga orang petugas rekam medis. Obyek dalam perancangan ini adalah perancangan tracer di Puskesmas I Denpasar Selatan. Kegitan ini meliputi observasi dan wawancara dan perancangan tracer alternatif I, alternatif II dan alternatif III. Petugas rekam medis akan memilih dan melakukan kesepakatan bersama dalam memilih salah satu perancangan tracer tersebut untuk diaplikasikan. Hasil penelitian ini didapatkan yaitu perancangan tracer alternatif I berukuran 29,7 cm x 21 cm, alternatif II berukuran 30 cm x 15 cm dan alternatif III berukuran 23 cm x 12,5 cm. Perancangan tacer yang dipilih dan disepakati bersama adalah perancangan tracer alternatif III karena berukuran sesusai dengan ukuran rak penyimpanan berkas rekam medis di Puskesmas I Denpasar Selatan.

Kata Kunci


Missfile, Perancangan, Tracer

Article Statistic

Sari view : 82 times
PDF views : 253 times

File PDF yang Anda pilih harus dimuat di sini jika perambah web mempunyai plugin PDF reader diinstall (sebagai contoh: versi sekarang dari Adobe Acrobat Reader).

Alternatif lain, Anda juga bisa mengunduh file PDF langsung ke komputer Anda, dan bisa dibuka dengan menggunakan PDF reader. Untuk mengunduh PDF, klik tautan Unduh di bawah ini

Jika ada membutuhkan informasi lebih lanjut tentang cara mencetak, simpan dan bekerja dengan PDF, menyediakan Highwire Press bantuan Pertanyaan yang sering diajuka mengenai PDF.

Layar Penuh Layar Penuh dimatikan

Teks Lengkap: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.