ANALISIS SISTEM PENDAFTARA N PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS KECAMATAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR 2014

Authors

  • Berry Fether Alumni Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat STIKes Persada Husada Indonesia
  • Diana Barsasella Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.33560/jmiki.v3i1.69

Abstract

Abstract
Health services are every efforts organised by individuals or groups simultaneously in an organisation to
maintan and increase health, prevent and cure diseases and restore the health of individuals, families, groups
and/or the community (Lovely and Loobam 1973, in Waluyo, 2008). Health management for the community on
the basic level In Indonesia is through the public health centres. If the service provided is good then visitors
will feel satisfied but when services fails to provide satisfaction leading to a decrease of visitors resulting in
a negative image of the public health centre. Registration booth as one of the service point of early servicing
given by public health centre officers to visitors also influences the level of service system given to the
visitors. If the health system registration is good, the public health centre manajement will also be good and
visitors will feel satisfied of the services rendered. The aim of this research is to find out about the outpatient
registration service system. This is a qualitative research obtained through in-depth interviews, observation
and documentations on 4 informants. Results of the research showed patients’ registration service still not
optimal caused by the various interlinking factors. However the service scope is good marked by an increase
of patients. This research suggest a need to improve services related to various factors among others liked
manpower, facilities and procedures.
Keywords : Outpatient Registration Services System
Abstrak
Pelayanan kesehatan adalah setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau secara bersama-sama dalam
suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit
serta memulihkan kesehatan perorangan, keluarga kelompok dan ataupun masyarakat (Lovely dan Loobam
1973, dalam Waluyo, 2008). Penyelenggaraan kesehatan untuk masyaraakat ditingkat dasar di Indonesia
adalah melalui Puskesmas. Jika pelayanan yang diberikan dengan baik maka pengunjung akan merasa puas
dan ketika pelayanan kurang memuaskan sehingga akan mengurangi minat pengunjung kepuskesmas akan
menjadi citra negative bagi puskesmas tersebut. Loket pendaftaran merupakan salah satu tempat pelayanan
kepada pengunjung sebagai sumber awal pelayanan yang diberikan oleh petugas Puskesmas. Pelayanan loket
juga berpegaruh pada tingkat sistem pelayanan yang diberikan kepada pengunjung. Jika sistem pelayanan
pendaftaran baik, maka manajemen puskesmas baik dan pengunjung Puskesmas akan merasa puas terhadap
pelayanan yang diberikan Puskesmas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem pelayanan pendaftaran
pasien rawat jalan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang didapatkan dengan metode wawancara
mendalam, observasi dan pendokumentasian dengan jumlah informan sebanyak 4 orang. Hasil dari penelitian
mendapatkan bahwa pelayanan pendaftaran pasien masih belum optimal yang disebabkan oleh berbagiai faktor
yang saling terkait namun cakupan pelayanan sudah baik ditandai dengan jumlah pasien yang meningkat.
Hasil penelitian ini menyarankan bahwa perlu ada peningkatan pelayanan yang terkait dengan berbagi faktor
diantaranya yaitu SDM, sarana dan prosedur.
Kata kunci : Sistem Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-04-02

How to Cite

Fether, B., & Barsasella, D. (2015). ANALISIS SISTEM PENDAFTARA N PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS KECAMATAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR 2014. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.33560/jmiki.v3i1.69

Issue

Section

Artikel